Inspirasi Timur

 


 

Posisi saat tidur memiliki manfaat dan mudaratnya masing-masing. Sebuah artikel yang dilansir dari Medical News Today, National Sleep Foundation menyebut tidur telentang adalah posisi tidur paling sehat.

Manfaat tidur telentang yakni menjaga leher dan tulang belakang tetap dalam posisi netral. Dengan begitu, nyeri di kedua area tersebut bisa dicegah.

Tidur terlentang paling disarankan untuk bayi baru lahir dan anak-anak. Posisi ini bisa mencegah sindrom kematian bayi mendadak. Namun, posisi tidur terlentang tidak cocok untuk semua orang.

Manfaat tidur miring ke kiri atau ke kanan ditilik dari aspek kesehatan adalah posisi tidur terbaik kedua setelah terlentang atau menghadap ke atas.

Dikutip dari Sleep Doctor, secara umum manfaat tidur miring disebut lebih efektif untuk membantu membersihkan limbah otak, dibanding tidur terlentang atau tengkurap. Seperti diketahui, limbah otak seperti racun sampai protein perlu dibuang secara berkala untuk mencegah penyakit alzheimer, parkinson, dan demensia. Selain itu, posisi tidur miring juga direkomendasikan bagi orang yang punya gangguan tidur mendengkur dan sleep apnea.

Di luar kondisi tersebut, tidur miring ke kanan atau ke kiri memiliki manfaatnya masing-masing.

Tidur Miring Ke Kiri

Sejumlah penelitian mengunkapkan, terdapat beberapa manfaat tidur ke kiri bagi kesehatan.

Tidur ke kiri dapat mengurangi gejala asam lambung naik, terutama di malam hari. Penderita asam lambung bisa memetik manfaat tidur miring ke kiri karena posisi lambung berada di bawah kerongkongan.

Dengan posisi tersebut, gravitasi bisa lebih cepat mengembalikan asam lambung yang naik kembali ke perut.

Penyakit asam lambung kerap kambuh di malam hari karena posisi tidur yang tidak pas, atau gaya hidup seperti makan terlalu dekat dengan jadwal tidur. Selain itu, ibu hamil juga lebih disarankan tidur miring ke kiri.

Ibu hamil bisa memanen manfaat tidur miring ke kiri untuk meningkatkan kelancaran darah ke plasenta. Secara umum, tidur miring ke kiri disebut membantu kesehatan pencernaan.

 

Tidur Miring Ke Kanan

Studi membuktikan, tidur miring ke kanan dapat menurunkan aktivitas sistem saraf, sehingga detak jantung dan tekanan darah bisa menurun.

Beberapa ilmuwan juga berpendapat, secara alami orang cenderung tidur miring ke kanan seiring pertambahan usia.

Hal itu dilakukan untuk melindungi kesehatan jantung. Selain itu, ada penelitian lain yang menyebut, penderita gagal jantung cenderung menghindari tidur miring ke kiri.
Previous Post Next Post