Inspirasi Timur

 











PALOPO - Berbagai upaya dilakukan Korlantas Polri untuk memudahkan masyarakat mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM), termasuk kategori SIM internasional, terkait hal tersebut Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kota Palopo, juga melakukan sosialisasi tata cara pembuatan SIM internasional.

Kasat Lantas Polres Palopo Iptu Muh. Tang, SH, MH menjelaskan, pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) internasional sekarang bisa dibuat secara online dan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ke Satpas SIM.

SIM online internasional ini lebih mudah karena registrasi bisa dilakukan di rumah atau di tempat kerja, apalagi saat ini situasi pandemi Virus Corona ( Covid-19 ) yang membatasi jumlah orang untuk berkumpul.

Bagi pemohon yang ingin mengajukan pembuatan SIM internasional bisa mengisi formulir di alamat: sim. korlantas.polri.go.id. setelah pemohon mengisi formulir selanjutnya melengkapi administrasi, foto dan SIM pun jadi dalam waktu beberapa menit saja.

Adapun syarat bagi pemohon untuk bisa mendapatkan SIM Internasional secara Online ini yaitu: melengkapi SIM asli, KTP asli, paspor, capture pendaftaran, bukti pembayaran, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) khusus WNA”, jelas Muh. Tang

Pembuatan SIM internasional ini dikenakan biaya sebesar Rp250.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM Internasional sebesar Rp225.000. Setelah melakukan pengisian administrasi, pemohon kemudian datang di kantor korlantas guna mengirimkan dan menyetor dokumen registrasi sekaligus foto SIM Internasional,  jadwal pelayanan dilakukan senin hingga jumat pukul 08.00 hingga 15.00 WITA. Setelah SIM selesai, pemohon dapat memilih cara pengambilan SIM internasional, dapat diambil sendiri di Kantor Pelayanan SIM internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman.

Inovasi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dan perpanjangan SIM Internasional khusunya di masa pandemic covid-19 dan juga  memperkuat kelembagaan khususnya Korlantas.(MA)

Previous Post Next Post