Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi Pimpim Aksi Bersih Sungai Makale




TANA TORAJA - Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi memimpin aksi gotong royong pembersihan bantaran sungai di kota Makale, Senin(29/6).

Aksi gotong royong tersebut melibatkan ratusan personil terdiri dari unsur Satgas Covid-19, Relawan Kasimpo, Pemerintah Kecamatan Makale, pemerintah kelurahan se kecamatan Makale serta personil Babinsa Kodim 1414 Tana Toraja.

"Menghadapi masa new normal di tengah pandemi wabah virus corona, semua pihak menjalankan protokol kesehatan. Namun tidak kalah pentingnya, kebersihan lingkungan juga harus tetap terjaga," ujar Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Welem mengatakan personil yang terlibat dalam aksi gotong royong itu menyusuri sungai Surame yang melintasi kota Makale sepanjang dua kilometer. Mereka membersihkan tumpukan sampah organik maupun anorganik yang ada di aliran/pinggir sungai. Tumpukan sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan tiga truk sampah milik pemerintah daerah.

Menurut Welem, sungai yang melintas di kota Makale, jika tidak dijaga berpotensi menimbulkan banjir. Sampah yang menumpuk menyebabkan penyempitan aliran sungai. Sehingga, jika hujan deras turun, aliran sungai tertahan oleh sampah dan air sungai akan meluap hingga ke pemukiman warga. Oleh sebab itu, kepedulian menjaga kebersihan sungai sangat penting agar manfaat sungai benar-benar dirasakan.

"Mari kita bersama-sama mejaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sungai.Sebab, sungai bukanlah tempat membuang sampah melainkan sumber kehidupan yang harus terus dijaga kebersihan dan kelestariannya," jelas Welem.

Camat Makale, Letris Parubak mengatakan kegiatan pembersihan sungai bukan hanya menciptakan sungai yang bersih tetapi juga menumbuhkan  semangat kerjasama dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

"Kegiatan bersih sungai oleh DPRD, Satgas Pemerintah kecamatan dan kelurahan serta relawan dapat memberikan edukasi ke masyarakat untuk menjalin kebersamaan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan," kata Camat Makale. (RLS/Joni)
Previous Post Next Post