Inspirasi Timur

 






PALOPO - Usaha sayur organik saat ini mulai dikembangkan oleh masyarakat Kota Palopo, banyak manfaat yang didapatkan warga saat mengembangkan usaha ini, selain mendapatkan sayuran sehat dan segar, juga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi warga untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Sayuran sendiri merupakan komponen paling penting dalam memperoleh dan mencukupi vitamin untuk meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Bermodalkan pekarangan rumah dan juga menggunakan pipa paralon, dengan sistem rakit apung, usaha sayur organik yang berada di Kelurahan Ponjalae Kecamatan Wara Timur Kota Palopo ini, mulai dikembangan warga selama instruksi pemerintah untuk melakukan aktifitas di rumah saja

Berawal dari kegiatan dan aktifitas yang dilakukan di rumah ini, usaha milik seorang pemuda bernama Rizal akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan.

Cara perawatannya pun terbilang cukup mudah dan praktis, yaitu dengan sedikit menggunakan sinar matahari dan air serta disiram secara teratur, dan mengecek kadar nutrisi sayuran.

Pemilik usaha sayur organik Rizal mengatakankan, jenis sayuran yang dikembangan pada usaha sayur organik milikya antara lain sayur pakcoy, sawi, selada merah dan selada hijau. jenis sayuran pakcoy ungkap Rizal adalah sayuran yang paling banyak dicari konsumen, karena kadar nutrisi dan vitaminnya yang sangat baik untuk tubuh. 

Rizal juga menambahkan, ke depannya berharap dapat mengembangkan usahanya lebih baik lagi dengan membuat sebuah tempat yang lebih luas agar bisa digunakan untuk pengembangan berbagai jenis sayuran organik lainnya

“Sementara ini pemasaran yang kami lakukan melalui online, per pot sayuran biasanya kami jual dengan harga Rp10.000, semoga ke depannya kami bisa mengembangkan usaha ini di lokasi yang lebih luas, jelas pemuda yang akrab disapa Rizal Kewel ini.

Sementara itu, Camat Wara Timur Arham sangat mengapresiasi warganya yang memanfaatkan pekarangan rumah di tengah pandemi covid-19 saat ini, 

“Tanaman hidroponik ini memang sangat cocok dilakukan dirumah di tengah kondisi saat ini, kita dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan aktifitas yang bermanfaat,” tutur Arham.

Nah buat anda sahabat Inspirasi Timur yang berminat mengembangkan sayuran organik ini, tidak ada salahnya anda boleh mencobanya di pekarangan rumah, sembari mengisi waktu luang anda, selain dapat menambah nilai ekonomi, sayuran segar dan sehat ini juga dapat langsung anda konsumsi, dengan rasa yang lezat dan aman karena terbebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya. Selamat mencoba.



Previous Post Next Post