Kasus Pertama Corona di Kota Palopo, Seorang Karyawan Asal Kota Makassar
INSPIRASI TIMUR INDONESIA




PALOPO - Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Palopo, Sulawesi Selatan,  Rabu (29/04/2020) malam,  mengumumkan kasus pertama positif Corona atau Covid-19. Pasien pertama yang terkonfirmasi dan sedang tertangani yakni  HN (28) seorang karyawan di Kota Makassar.

“Pasien berinisial HN warga Balandai (sesuai KTP), tetapi yang bersangkutan untuk sementara tinggal bersama keluarganya di Kelurahan Luminda, Wara Utara Palopo tercatat positif Covid-19 sesuai hasil test PCR (Polymerase Chain Reaction) Swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, yang diterima Rabu petang tadi,” kata dr Ishak Iskandar, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (29/04/2020) malam.

HN diketahui baru pulang dari Kota Makassar pada Minggu (19/04/2020) dengan mengendarai Bus Putra Jaya. Selama di Kota Palopo, ia tinggal bersama tante, ibu dan adiknya. Sebelum ke Palopo, HN sempat menjalani pemeriksaan (Rapid Tes) di RS Siloam Makassar, pada Sabtu (18/4/2020) dengan hasil non reaktif.

Pada Senin (27/4/2020), HN berinisiatif memeriksakan kesehatannya ke RS Bintang Laut Kota Palopo dengan keluhan tenggorokan berlendir dan batuk, dua hari kemudian dilakukan rapid tes hasilnya dinyatakan reaktif covid-19.

"Saat ini HN tengah menjalani isolasi di RSUD Sawerigading dan rencananya akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan di kota Makassar,” ucap Ishak.

Menurut Ishak, setelah mengetahui adanya kasus pertama covid-19, tim gugus tugas penanganan covid-19 melakukan karantina terhadap keluarganya.

“Keluarganya juga sudah dikarantina di RSUD Sawerigading dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan, guna memastikan positif atau tidak keluarganya termasuk 5 orang tim medis yang selama ini menanganinya,” ujar Ishak.

Previous Post Next Post