Jalan Penghubung antar Lembang di Toraja Terputus Setelah Diguyur Hujan Deras
INSPIRASI TIMUR INDONESIA




TANA TORAJA – Hujan deras yang mengguyur Tana Toraja selama 2 hari terakhir membuat jalan penghubung antar desa  terputus akibat longsor.  Longsor terjkadi di Kampung Dama' Lembang Burasia, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.

Humas Polres Tana Toraja Aiptu Erwin melalui rilis yang disampaikan mengatakan longsor yang terjadi di Kampung Dama' Lembang Burasia sudah terjadi sejak Selasa (28/01/2020) malam sekitar pukul 22.00 WITA.

“Akibat dari kejadian itu hingga saat ini akses utama warga terputus, warga masyarakat yang hendak menuju ke kantor lembang Burasia harus melalui jalan alternatif melewati Jalan Lembang Kandua' menuju Jalan Poros Makale Bittuang dan kembali menuju Lembang Burasia dengan menempuh jarak yang cukup jauh,” kata Erwin.
Rabu (29/01/2020).

Menurut Erwin, bencana alam tanah longsor dengan luas sekitar 30 Meter dan tinggi sekitar 60 meter, mengakibatkan terputusnya jalan lembang yang menghubungkan antara kantor Lembang Burasia dengan dua Kampung yakni Kampung Dama' dan Kampung Kulaya yang dihuni sekitar 80 Kepala Keluarga.

“Situasi lahan atau lokasi terjadinya tanah longsor dengan struktur tanah yang labil serta berada pada kemiringan yang cukup terjal menyulitkan tim untuk melakukan upaya perbaikan saat ini,” ucap Erwin.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun material longsor yang bergeser berjarak  sekitar 300 meter mengakibatkan kerusakan tanaman perkebunan warga.

“Terdapat tanaman perkebunan warga yang rusak dihantam material berupa Kopi dan Kakao sebanyak 200 Pohon,” ujar Erwin.
Previous Post Next Post