Segini Harusnya Biaya Perawatan Bocah Aqilah yang Telah Meninggal Dunia



LUWU UTARA – Aqilah bocah perempuan berusia 3 tahun, warga desa Tulung Indah,Kecamatan Sukamaju,Kabupaten Luwu Utara menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada Selasa (8/10/2019) malam lalu sekira Pukul 22. 00 Wita. Bocah tersebut meninggal dunia setelah beberapa kali menjalani perawatan medis.
Dokter Ahli Bedah Rumah Sakit Hikmah Masamba, dokter Suwanto saat dikonfirmasi terkait rekam medik Aqilah mengatakan bahwa rekam mediknya tidak akan dibuka ke publik.

"Pada saat pesien masuk kami tangani sesuai dengan prosedur yang berlaku, masuknya dia pihak rumah sakit disini tidak pernah menanyakan apakah pasien punya BPJS atau pasien umum," kata dokter yang disapa dr Wawan sapaan akrabnya saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (9/10/2019) kemarin.

Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak mengetahui kalau pasien bernama Aqilah tidak mempunyai BPJS.

"Bendahara bertanya ke saya, gimna dok? pasien mau pulang dan tidak memiliki BPJS, dan saya bertanya berapa tagihannya, ternyata tagihannya mencapai angka 19 juta, saya kembali bertanya coba tanya keluarga pasien apakah dia mampu membayar obatnya dan phpnya yang sudah digunakan. Ternyata informasi dari bendahara dan perawat, keluarga tidak mampu sama sekali," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengambil kebijakan untuk membantu keluarga pasien dengan cara tidak membebankan biaya kepada pihak pasien serta menyarankan keluarga pasien untuk menggunakan BPJS Mandiri.

Penulis: Putri

Previous Post Next Post