Bupati Morowali Taslim : Kades Harus Mendengar Usulan dari Bawah,Inovatif dan Visioner




MOROWALI - Bupati Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Drs Taslim pada pelantikan 4 Kepala desa dari 2 kecamatan yakni Bungku Barat dan Witaponda yang dirangkai dengan Peresmian anggota Badan Permusyawaratan Desa – Pengganlti Antar Waktu ( BPD-PAW ) (21/10/2019), meminta Kepala Desa untuk tetap adil sebagai pemimpin.  

”Mulai hari ini hilangkan kata pendukung dan bukan pendukung, berikan mereka perlakuan yang sama dan layani mereka  dengan tulus dan ikhlas karena semua itu adalah masyarakatnya,” kata  Bupati Morowali Drs Taslim dalam mengawali sambutannya 

Lanjut, Bupati Morowali, bahwa selaku kepala desa harus mewujudkan program program yang diusung saat maju pada Pilkades, karena itu adalah janji politik, disamping itu Kades  harus mendengarkan usulan dari bawah (Bottom Up) dan tetap membangun sinergi dengan semua stakeholder yang ada di desa.

"Terlebih lagi dengan BPD, Kepala desa harus menjadi sosok yang inovatif dan  visioner yang  akan mengantarkan desa pada pembangunan yang berkelanjutan sekaligus mengedepankan unsur-unsur humanis yang dapat mendongkrak martabat desa dengan ciri khasnya," ucap Taslim.

Taslim mengharapkan Kepala Desa harus memahami tata kelola desa (rural governance), pemerintahan desa (rural government) yang baik, untuk itu kepala desa harus mengikuti bimbingan tehnis tentang hal itu.karena kedepan semakin banyak tugas dan tanggung jawab yang menjadi beban kepala desa tanpa ilmu tata kelolah desa dan pemerintahan yang dimiliki akan  sulit untuk mewujudkan program desa yang rencanakan,

Diakhir sambutannya Bupati Taslim juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh panitia Pilkades karena dengan pelaksanaan Pilkades yang aman dan kondusif Ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar berdemokrasi serta turut menggunakan hak konstitusinya secara benar dan bertanggung jawab. kuncinya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Morowali DR Najamudin,S,Ag,S.Pd.M,Pd.Wakil Ketua DPRD Morowali Syarifudin Hafid,Anggota DPRD Komis III Syahrudin Attamimi, Asisten I  bidang Pemerintahan Drs Bambang S.Soerojo,Ketua dan Wakil ketua TP-PPK Kabupaten Morowali, Plt Kadis Kominfo Drs Syahrur MM. dan para kepala kepala OPD Pemkab Morowali,Camat Witaponda H Arsail,S.Sos dan Camat Bungku Barat Jalaludin Ismail,SE  Kapolsek Bungku Barat Iptu P.Subakti, para kepala desa Se- kecamatan Bungku Barat dan Witaponda,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama  .

Adapun kepala desa yang dilantik adalah Kecamatan Bungku Barat,Ismail Rahman,SH.Desa Wosu dan Abdul Hakim, Desa Larobenu. Kecamatan Witaponda, Muhammad Kasim, Desa Emea dan Usman Desa Solonsa Jaya. Untuk pengurus BPD PAW yang di resmikan adalah Kecamatan Bungku Barat adalah Aswadi dan Yuli, desa Umpanga, Ismawati dan Paino Desa Margamulya dan Samsuddin Desa Wata.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Sanggar  Seni Bumi Maleo pimpinan Drs Mukim, yang menampilkan tarian manca saat menyambut kedatangan bupati dan wakil bupati beserta rombongan.

Pada sesi akhir kegiatan  Wakil Bupati atas nama pemerintah Kabupaten Morowali di dampingi Bupati dan rombongan menyerahkan bantuan alat Hadrah untuk Wanita Islam Al-Khairat (WIA ) Kecamatan Bungku Barat,Bumi Raya dan Witaponda.(RLS/IK)
Previous Post Next Post