SPACE PANJANG

 






PALOPO – Puluhan kerajaan atau kesultanan di Indonesia melakukan Kirab Keraton Nusantara dengan menampilkan atraksi budaya masing-masing kerajaan. 

Kirab Keraton ini merupakan rangkaian kegiatan  Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-13 2019 di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (09/09/2019).

Atraksi budaya yang digelar tersebut dilakukan dengan berjalan kaki sepanjang 2 kilometer yang dimulai dari Lapangan Gaspa menuju halaman kantor Wali Kota Palopo.

Pihak panitia FKN ke-13, Suedi berharap dengan kegiatan ini masyarakat mengenal budaya secara nasional dan bisa memahami ragam budaya bangsa Indonesia.

“Kirab diikuti oleh seluruh kerajaan yang membawa seluruh pasukan kirab, kirab ini menampilkan para pasukan yang melakukan atraksi di depan panggung kehormatan lalu kemudian mereka akan membacakan sinopsis tentang apa makna dan simbol dari setiap atribut yang digunakan oleh pasukan kirab, dan ini akan menunjukan kebesaran dari masing-masing kerajaan yang ikut kirab hari ini,” kata Suedi sat dikonfirmasi.

Atraksi budaya dari masing-masing daerah ini menjadi tontonan warga untuk mengenal ragam budaya di Indonesia. Sejumlah atraksi kesenian dihadirkan dari berbagai kerajaan antara lain seperti Kesultanan Bima, Kesultanan Jogjakarta, Kerajaan Riau Lingga, Kerajaan Kota Waringin, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang menyaksikan. 

Warga yang menyaksikan kegiatan Kirab Keraton Nusantara ini menyambut baik dan berharap budaya Indonesia tetap lestari.

“Festival keraton ini cukup bagus, untuk memperkaya budaya yang bisa diperkenalkan pada anak-anak muda tentang budaya nusantara, supaya budaya di nusantara ini dilestarikan jangan sampai punah, jangan sampai generasi muda tidak mengetahui ada budaya lain selain budaya yang ada di Sulawesi Selatan,” ucap Mardia.

Previous Post Next Post