Jemaah Haji Asal Luwu Telah Memulai Laksanakan Ibadah Arbain di Madinah

MADINAH – Memasuki hari ke-3 Jemaah Haji kloter 12 asal Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, telah memulai pelaksanaan ibadah Arbain di Madinah, pelaksanaan ini akan berjalan selama 9 hari.


Petugas Haji Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Arfan Basmin mengatakan kondisi cuaca di Madinah saat ini mencapai 40 derajat Celsius dan pelaksanaan ibadah arbain bagi para jemaah haji asal Luwu berjalan dengan baik.


“Pada prinsipnya semua kondusif cuma memang beberapa hari ini waktunya menstabilkan metabolisme dan efek perjalanan jauh lintas negara, ditambah aktifitas yang cukup menguras tenaga sehingga Madinah selain melaksanakan Arbain jadi kesempatan memperbaiki fisik sebelum melaksanakan inti dari ibadah haji di Arafah nanti.” kata Andi Muhammad Arfan Basmin saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.


Andi Muhammad Arfan Basmin mengatakan kondisi cuaca saat ini membuat petugas haji dan kesehatan asal Luwu berupaya menjaga kesehatan jemaah terutama kelompok umur lanjut usia (Lansia).


“Kami ketua kloter dan para petugas kesehatan berupaya menjaga para lansia agar kondisi kesehatan stabil karena disini semua lansia berkumpul dan rentan kena dimensia sehingga secara intens harus dijaga,” ucap Andi Muhammad Arfan Basmin.

Sholat arbain adalah sholat berjamaah di Masjid Nabawi bersama imam rawatib sebanyak 40 waktu. Sholat arbain dilaksanakan secara berturut turut tanpa ketinggalan satu pun.


Sholat ini dilakukan selama delapan hari dengan tujuan mendapat fadilah (keutamaan) Sholat arbain merupakan anjuran dan hukumnya sunnah.


Jadi bagi jamaah haji lansia agar memperhatikan kondisi dan menjaga kesehatan sebaik mungkin dengan tidak memaksakan sholat arbain yang dapat menjadi bahaya atau mudharat lebih besar.

Previous Post Next Post