BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob di Pesisir Pantai Sulsel


 


MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini Banjir Rob disepanjang pesisir pantai di Sulawesi Selatan (Sulsel). 


Koordinator Observasi dan Informasi Teorologi Maritim Paotere Makassar, Mujahidin dalam keterangan resminya, mengatakan, peringatan dini banjir rob ini mulai besok Jumat (23/12/2022), hingga Minggu (25/12/2022).



Mujahidin menjelaskan, banjir rob berpotensi terjadi karena adanya aktivitas pasang air laut maksimum disertai kondisi gelombang tinggi yang dipicu oleh adanya Pusat Tekanan Rendah di Utara Australia (1000 hPa). 


Adapun banjir rob berpotensi terjadi di pesisir pantai Kabupaten Pinrang, Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, Takalar, Kota Makassar dan Kota Parepare. 


"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," katanya.



Mujahidin mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut yang disertai gelombang tinggi serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. Sebelumnya juga telah diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Sulawesi Selatan mulai tanggal 23 hingga 25 Desember 2022.


Previous Post Next Post