2 Emas Dibatalkan, Kota Palopo Finish Posisi 5 Besar Perolehan Medali PEPARPROV V SulSel

2 Emas Dibatalkan, Kota Palopo Finish Posisi 5 Besar Perolehan Medali PEPARPROV V SulSel


Laporan : Dani Aliah - Makassar


MAKASSAR - Penutupan Pekan Paralympic Provinsi (PEPARPROV) V Sulawesi Selatan resmi ditutup di GOR Sudiang Kota Makassar jumat 9/12/2022.


Kota Palopo berhasil mempertahankan tradisi berada di rangking 5 besar dalam daftar perolehan medali PEPARPROV. Meski sempat berada 1 tingkat di atas Kabupaten Maros yaitu posisi 4, namun posisi Kota Palopo turun 1 strip setelah 2 emas Kota Palopo dari cabor atletik (lompat jauh putri TF 43/ disabilitas fisik daksa kaki dan lompat jauh putra TF 42/disabilitas fisik daksa kaki) dibatalkan, akibat kesalahan dalam kelas klasifikasi nomor pertandingan. 


TD Atletik Andi Alamsyah S,Pd , M, Pd mengatakan keputusan pengurangan medali ini dilakukan setelah melalui proses musyawarah dan menjadi kesepakatan bersama dewan hakim, TD dan beberapa daerah yang sempat mengajukan komplain.


"Hasilnya sudah final dan disepakati bersama, Insya Allah tidak ada daerah yang dirugikan," kata Alamsyah 


Sementara itu sekretaris umum NPC Kota Palopo Muh Aliah S, Pd mengatakan pihaknya telah berbuat banyak namun sudah menjadi keputusan. 


"Kami telah berbuat maksimal, tetapi keputusan TD dan beberapa daerah menjadi hasil kesepakatan tertinggi, harus kita hargai, Terima Kasih atlet, pelatih dan official Kota Palopo telah berjuang, kita ingin kemenangan yang jujur, sportif dan bermartabat, hasil 5 besar adalah prestasi terbaik yang tetap kita pertahankan," ucap Aliah.


Kota Palopo sendiri berada di posisi ke 5 perolehan medali PEPARPROV dengan raihan 11 emas, 4 perak dan 7 perunggu. 


Peringkat pertama masih diraih Kota  Makassar dengan 33 emas, 21 perak dan 14 perunggu, posisi kedua Kabupaten Bantaeng 21 emas, 15 perak, dan 10 perunggu. Di posisi ketiga Kabupaten Bone 13 emas, 15 perak, 10 perunggu, dan diposisi keempat Kabupaten Maros 11 emas, 7   perak, 3 perunggu.

Previous Post Next Post