Pekan ini, 9 Orang Terpapar Covid-19 di Palopo, Belum Dipastikan Variannya

PALOPO – Kasus Covid-19 di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, kembali muncul dalam sepekan terakhir.


Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Palopo, dr Ishaq Iskandar  mengatakan saat ini Jumat (4/11/2022)  jumlah kasus aktif terdapat 9.


“Ada 9 orang yang terjangkit Covid-19, dari 9 orang itu 7 orang menjalani perawatan medis di rumah sakit dan 2 orang menjalani isolasi mandiri,” kata Ishaq saat dikonfirmasi, Jumat (04/11/2022) siang.


Menurut Ishaq, 9 orang yang terpapar Covid-19 tersebut belum dipastikan variannya, namun warga diminta waspada.


“Kalau variannya bukan kami yang periksa, belum diketahui karena harus uji lab di Makassar atau Jakarta, hanya saja kita semua harus waspada mengingatkan bahwa saat ini covid-19 masih ada,” ucap Ishaq.


Lanjut Ishaq, pemerintah pusat yakni Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan sinyal waspada terhadap adanya varian baru covid-19.


“Subvarian Omicron XBB saat ini muncul, varian ini 5 kali lebih bahaya daripada varian Delta dan memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada Delta,” ujar Ishaq.


Ishaq mengharap warga agar memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, hindari tempat keramaian, jaga jarak meski di tempat terbuka, pakai masker, dan sering cuci tangan.


"Gelombang Covid-19 Subvarian Omicron XBB ini lebih mematikan dari gelombang pertama Covid-19. Jadi kita harus sangat berhati-hati dan mengambil berbagai tindakan pencegahan virus corona yang ditingkatkan, juga menjaga komunikasi waspada dengan teman dan keluarga,” harap ishaq.


Warga yang terjangkit Covid-19 tersebut berasal dari beberapa kecamatan yakni Kecamatan Wara Barat 1 orang, Wara Utara 2 orang, Mungkajang 2 orang, Sendana 1 orang dan Wara 3 orang.


Previous Post Next Post