Kementerian Keuangan Gandeng SMPN 4 Belopa dalam Program KM7

Kementerian Keuangan Gandeng SMPN 4 Belopa dalam Program KM7

LUWU - Kementrian keuangan RI intens melaksanakan program Kemenkeu mengajar ke sekolah-sekolah untuk semua jenjang. Program Kemenkeu mengajar mulai dilaksanakan sejak tahun 2016.


Khusus pada tahun 2022 ini yang bertepatan dengan peringatan hari 'oeang' ke-76, Kemenkeu kembali melaksanakan program Kemenkeu Mengajar 7 (KM7) untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA sederajat.

 

Di Luwu, SMPN 4 Belopa merupakan salah satu sekolah yang lulus seleksi untuk bergabung pada program KM7. Kegiatan KM7 di SMPN 4 Belopa dilangsungkan secara daring via zoom dan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022.

 

"Alhamdulillah sekolah kami berkesempatan mengikuti program KM7 tahun 2022. Kami berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan murid terkait keuangan RI. Pada KM7 ini murid kami sebanyak 68 orang dibagi ke dalam beberapa kelas, masing-masing menerima materi bea dan cukai, anggaran belanja negara dan pendapatan," kata S Arif, Kepsek SMPN 4 Belopa.

 

Sementara itu koordinator tim KM7 sangat mengapresiasi pelaksanaan KM7 di SMPN 4 Belopa

 

"Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Belopa, atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami para pegawai Kementerian Keuangan, sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan KM 7 di sekolah ini," ucap Siti Yulia.


"Kami sangat antusias menyambut kegiatan ini. Kami berharap pelaksanaan rangkaian acara hari ini berjalan lancar. Selain itu, semoga anak-anak juga senang belajar dengan para relawan pengajar dari Kemenkeu. Pada tahun 2022 ini SMP Negeri 4 Belopa terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Kemenkeu Mengajar," tambah Siti.


Menurut  Siti menguraikan tujuan dan manfaat dilaksanakannya KM7 yakni anak-anak akan menerima beberapa materi terkait Peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN; peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini; berbagai proyek strategis nasional; Pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan; serta Cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar anak-anakku sekalian.

 

"Kami percaya bahwa pendidikan bukan hanya mampu menambah pengetahuan baru, namun juga memberi kesempatan luar biasa bagi semua orang untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Apapun bidang dan cita-cita anak-anak sekalian, semuanya membutuhkan dipelajari melalui pendidikan yang memadai, baik formal maupun informal," ujar Siti.


Pada tahun 2019 lalu diketahui Kemenkeu mengajar ini menjadi program kerelawanan ASN pertama di Indonesia mendapatkan rekor MURI. Setelah itu pandemi covid-19 datang, namun pandemi tidak membuat semangat kerelawanan tetap berlangsung. Pada tahun 2020 dan 2021, program Kemenkeu Mengajar diselenggarakan secara online dan untuk pertama kalinya mengajar di SMA, SMP dan sekolah setara.

 

Program KM7 secara daring di SMPN 4 Belopa belansung dengan baik. Ada pun pengajar dari kementerian keuangan antara lain; Siti Yulia, Agung Risqa W dan Hafizh Maulana F dari Dirjen bea dan cukai, Ajeng Puji K dan Sudarmono M dari Dirjen Pajak. Ada pun fasilitator yaitu Meilani Dwi A dan Rafika Yasir masing-masing dari Dirjen Pajak.

Previous Post Next Post