Kreatif, ASN Luwu Utara Ini Manfaatkan Ampas Sagu untuk Makanan Ikan
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU UTARA - Ketersediaan pakan ikan atau makanan ikan merupakan hal terpenting dalam menunjang kegiatan budidaya perikanan.

Apalagi saat ini bahan baku untuk pakan ikan (makanan ikan) masih didominasi produk impor, sehingga perlu cara-cara inovatif memproduksi pakan ikan yang dapat memenuhi nutrisi ikan, sehingga menghasilkan ikan dalam jumlah yang banyak.

Salah seorang ASN di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Alisman, rupanya mampu menangkap peluang menghasilkan pakan ikan dengan memanfaatkan ampas sagu sebagai makanan ikan.

Kenapa harus ampas sagu? Alisman beralasan bahwa ampas sagu kaya karbohidrat yang notabene memegang peranan penting dalam n
“Ampas sagu ini saya ambil di tempat pembuatan sagu yang sudah terbuang begitu saja. Jadi, saya berinisiatif manfaatkan untuk pakan ikan atau makanan ikan,” kata Alisman, Rabu (7/9/2022), di Masamba.

Ia mengatakan, penggunaan ampas sagu sebagai makanan ikan relatif lebih murah dan mudah didapatkan karena di wilayahnya banyak sekali petani yang mengolah sagu untuk pembuatan tepung atau bahan makanan lainnya.

“Paling tidak, sedikit mengurangi biaya pengeluaran dalam pembelian pakan, karena saya hobi memelihara berbagai macam ikan, seperti ikan Mas, ikan Nila, dan ikan Kamboja,” jelas dia.

Lanjut Alisman mengatakan, pakan yang terbuat dari ampas sagu ini sangat bermanfaat untuk ikan serta proses pertumbuhannya juga begitu cepat.

“Semoga para pecinta ikan bisa juga memanfaatkan ini untuk sedikit mengurangi biaya pembelian pakan. Ampas sagu ini mudah didapatkan di tempat pembuatan sagu,” jelasnya.

“Intinya, mari kita manfaatkan apa yang ada di daerah kita, selama bisa dijadikan kebutuhan, daripada terbuang, lebih baik dimanfaatkan untuk makanan ikan,” tandas Alisman, ASN Dinas Kominfo SP ini. (LH)

Previous Post Next Post