KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024, KPU Palopo Gelar Nonton Bareng
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

PALOPO - Genderang tahapan pemilu serentak 2024 resmi ditabuh dalam acara peluncuran yang dilakukan KPU RI, Selasa (14/06/2002) malam.

Peluncuran ini bertepatan 20 bulan masa tahapan terhitung dari hari pelaksanaan pemungutan suara pemilu yang jatuh pada hari Rabu 14 Februari 2024.

Menteri dalam negeri Tito Karnavian mewakili pemerintah dalam sambutannya meminta semua pihak mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk ikut membantu KPU menyukseskan pemilu 2024.

"Presiden menitipkan pesan khusus kepada KPU agar bekerja maksimal guna me jadikan pemilu Indonesia menjadi rujukan pemilu dunia serta mempertahankan tingkat partisipasi pemilih yang juga tertinggi di dunia dengan angka partisipasi mencapai angka 81 persen", ungkap Tito Karnavian. 

Dalam sambutan yang lain Ketua DPR, Puan Maharani menegaskan jika pelaksanaan pemilu merupakan kesepakatan bersama semua pihak.

"Dicapainya kesepakatan pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 merupakan hasil kerja keras bersama DPR, Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu dengan mengesampingkan isu-isu penundaan pemilu, revisi undang-undang

Sementara itu Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan Pemilu dan Pemilihan adalah arena pertikaian yang dilegalkan untuk merebut kekuasaan demi tercapainya cita-cita luhur bangsa dalam bingkai NKRI.

"Pemilu adalah Musyawarah besar rakyat Indonesia dalam memilih pemimpin yang akan membawa kesejahteraan.  Oleh karena itu pemilu menjadi sarana rakyat mewujudkan kedaulatannya dalam sistem demokraai", jelas Hasyim Asy'ari 

Semarak peluncuran Tahapan Pemilu 2024 juga terasa hingga ke seluruh penjuru Indonesia tak terkecuali Kota Palopo. 

Di kota berjuluk Idaman ini semarak peluncuran tahapan pemilu dinikmati melalui nonton bareng melalui aplikasi zoom meeting yang diselenggarakan oleh KPU Kota Palopo dengan mengambil lokasi di Media Center.

Ketua KPU Kota Palopo, Abbas dalam pengantarnya mengingatkan semua pihak bahwa tanggung jawab menyukseskan pemilu adalah tanggung jawab bersama semua elemen bangsa. 

"Karenanya kami berharap dukungan semua pihak dalam melaksanakan semua tahapan pemilu, baik pemerintah, partai politik, pengawasan yg ketat dari bawaslu, dukungan media dan seluruh stakeholder", ungkap Abbas.

Acara nonton bareng peluncuran tahapan pemilu di KPU Kota Palopo dihari unsur forkopimda, Bawaslu, pimpinan instansi vertikal, pimpinan partai politik, pimpinan OPD Pemkot Palopo dan sejumlah jurnalis dari berbagai media.

Previous Post Next Post