Pemdes Bonelemo Susun Perencanaan Wisata Pendidikan
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Setelah resmi jadi desa Wisata Pendidikan, Pemerintah Desa Bonelemo akan menyusun perencanaan. Perencanaan ini terkait site plan dan unit-unit usaha. Nantinya semua proses ini akan melibatkan masyarakat secara partisipatif.

Afrianto Nurdin selaku pendamping sosial menjelaskan sebagian proses perencanaan telah dibuat dalam rangka pembangunan ekonomi di Desa Bonelemo. Khusus pada sektor pariwisata, akan melibatkan masyarakat dalam pembuat keputusan dan juga dilakukan sendiri oleh masyarakat.

Hal ini diharapkan agar dalam proses pembangunan melibatkan masyarakat. Hingga masyarakat dapat mengambil manfaat lebih besar dalam pembangunan di berbagai sektor.

“Desa bonelemo berupaya mengembangkan model bisnis yang sebagian besar kepemilikan sahamnya dimiliki oleh BUMDes dan masyarakat. Bisnis ini dibangun atas dasar inisiatif bersama, pendanaan gotong royong,” kata Afrianto selaku pendamping.

Salah satu unit usahanya adalah Objek Wisata Pendidikan. Wisata ini dirancang tidak sekadar berpotensi pada nilai profit atau menghasilkan uang semata. Namun juga sebagai ruang belajar untuk membangun kesadaran atas kerusakan lingkungan saat ini. Tak kalah penting menjadi wadah penguatan terhadap bentuk-bentuk kearifan lokal.

Afrianto juga menilai, bahwa wisata hanyalah sebagai sarana untuk membangun ekonomi masyarakat. Pemerintah desa harus menjadikan pariwisata ini sebagai investasi jangka panjang. Selain itu, harus memiliki dampak positif kepada masyarakat di sekitarnya.

“Jadi dia harus ada kegiatan ekonomi yang bergerak di dalamnya dan dikelola secara langsung oleh individu dan kelompok,” urainya.

Sementara itu, pasca peresmian Objek Wisata Pendidikan, pemerintah Desa Bonelemo dan masyarakat akan fokus pada penambahan beberapa fasilitas dan infrastruktur.

“Perlahan tapi pasti, tapi inilah yang dirancang bangun oleh Kepala Desa Bonelemo (Baso), agar kedepan semua masyarakatnya mendapat manfaat secara ekonomi dan sosial atas nilai yang terus diperkuat dan dipertahankan,” tutup Afrianto.

Hal ini senada yang sampaikan oleh Kepala Desa Bonelemo, Baso S.H. Berbagai unit usaha ekonomi kedepannya akan menjadi penghasilan untuk semua masyarakat desa dan bisa menambah pemasukan masyarakat.

“Saya menargetkan semua masyarakat punya jaminan hari tua, anak-anak generasi muda di Bonelemo punya jaminan buat pendidikan,” katanya. (Rilis)

Previous Post Next Post