INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU -  Banjir kembali menimpa daerah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Banjir terjadi dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup deras melanda 5 desa di tiga kecamatan.

"Hujan yang deras yang berlangsung lama  menyebabkan longsor dan banjir," ucap Kepala BPBD Luwu, Alamsyah, Rabu (11/5/2022)

5 desa di 3 Kecamatan tersebut yakni Desa Kadundung, Desa Paragusi Kecamatan Latimojong, Desa Bolong dan Desa Ilan Batu Kecamatan Walenrang Barat, serta Desa Pompengan Tengah Kecamatan Lamasi Timur.

1 rumah milik Asriani Sarifah (40), warga Desa Illan Batu, mengalami rusak berat akibat terbawa material tanah longsor yang berasal dari pegunungan yang berada di belakang rumahnya, sementara 80 rumah lainnya terendam akibat banjir tersebut.

"Kerusakan ada 1 rumah (RB) dan 1 unit motor terbawa arus, 30 rumah terendam dan 50 rumah terendam di desa Pompengan Kecamatan Lamasi Timur," katanya

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa kondisi genangan air di beberapa wilayah saat ini sudah mulai surut dan bisa dilalui oleh kendaraan.

"Akses jalan antar desa kadundung dan desa Paragusi Kecamatan Latimojong sudah bisa dilalui dan untuk dampak yang lain dilakukan Assessment," tandasnya

Dikonfirmasi terpisah korban longsor di Desa Illan Batu, Asriani Sarifah, mengatakan saat ini ia lebih memilih tinggal di rumah keluarganya mengingat rumah yang ditempati bersama 2 orang anaknya kini rusak parah.

“Mau kemana lagi kami mengungsi selain ke rumah keluarga, apalagi kondisi rumah rusak parah, kami berharap ada bantuan dari pemerintah,” ucap Asriani.

Tidak terdapat korban jiwa dalam musibah ini. Sementara untuk kerugian akibat banjir tersebut pihak BPBD masih melakukan Assessment lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https:t.meinspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post