17 Tahun Apdesi, Ini yang Dirasakan Arfan Basmin Sebagai Ketua Apdesi Luwu
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Selama 17 Tahun sudah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) berdiri dengan niat yang mulia demi semangat gotong royong, bahu membahu dalam membangun desa sebagaimana nawacita bapak Presiden Joko Widodo.

Apdesi yang dikenal sebagai organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa.

Tercatat ada 74.000 desa yang ada di Indonesia, 2.255 desa yang ada di Sulawesi Selatan dan 207 yang ada di Kabupaten Luwu. Di Kabupaten Luwu sendiri, Apdesi yang di dipimpin oleh Andi Muhammad Arfan Basmin berharap dapat menjaga kekompakan kepala-kepala desa dalam membangun sinergi dengan semua instrumen yang ada di daerah.

Arfan berharap, kelak, 207 desa yang ada di Kabupaten Luwu bisa berubah dan berdaya saing seperti desa desa lain di seluruh pelosok Indonesia, tentu itu bukanlah hal yang tidak mudah, karena dalam memimpin sebuah organisasi harus ada penyatuan persepsi.

Menurutnya, dari sebuah jabatan, wilayah, sampai isi kepala dan mimpi yang berbeda sangat sulit untuk menyatukan persepsi, tapi Arfan, menilai harapan itu akan terbangun dalam sebuah ikatan persaudaraan antar sesama, mulai dari aparat hingga kepala-kepala desa yang ada di kabupaten Luwu.

“Saya pun paham dan sadar bahwa setiap pemerintahan desa masih serba kekurangan dan kebutuhan untuk menjalankan roda pemerintahan mulai dari kesejahteraan kepala desa hingga aparatnya. Maka melalui apdesi inilah wadah kami berjuang, karena kepala desa adalah ujung tombak pembangunan daerah,” imbuh Arfan saat dikonfirmasi. Selasa (17/05/22).

Selama tiga tahun mejabat sebagai Ketua Apdesi Kabupaten Luwu, Arfan merasa sangat bersyukur menjadi bagian dari para kepala desa yang ada di kabupaten Luwu.

“Sebab yang bisa memahami kepala desa adalah kepala desa lainnya ibarat hanya seniman yang bisa memahami seniman lainnya,” imbuh Arfan.

Selama di Apdesi, Arfan merasa seperti keluarga sendiri, meskipun tidak sedarah dan di sini pula semua keluh kesah bisa terdengarkan, Apdesi telah menjadi tempat lahirnya solusi-solusi dan berbagi pikiran.

“Selamat Ulang Tahun Apdesi yang ke 17, terima kasih telah lahir untuk menjadi bagian perjuangan nasib para kepala desa dan aparatnya. Semoga Apdesi Bisa terus memberikan manfaat dan kejayaan untuk saudara kita kepala desa diseluruh Indonesia,” harap Ia penuh haru.

Lanjut, Arafan menambahkan, “Untuk seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Luwu, kalian adalah keluarga yang hebat, terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada saya memimpin Apdesi Kabupaten Luwu,” tutup Angga sapaan akrab Andi Muhammad Arfan Basmin.


Previous Post Next Post