INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO
- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah, Pusat Niaga Palopo (PNP), Sulawesi Selatan, mulai ramai dipadati pengunjung untuk belanja kebutuhan lebaran sejak dua hari lalu. Sehingga, menyebabkan kemacetan di setiap ruas jalan sekitarnya.

Dalam pantauan media ini, Kamis (28/4/2022) sore, terlihat warga yang tengah berbelanja membludak hingga berdesakan. Parkiran kendaraan bermotor pun berjejer terisi penuh.

Sejumlah kendaraan yang melintas di sekitar PNP juga terlibat kemacetan, sepanjang kurang lebih sekitar 200 meter, tepatnya di jalur dua Jalan Durian Kota Palopo, akibat dari membludaknya warga ingin berbelanja kebutuhan lebaran.

Nampak di pintu gerbang bagian selatan PNP, warga keluar-masuk untuk berbelanja, sejumlah pedagang pun juga ramai memadati pelataran Lagota Pusat Niaga Palopo.

Tidak hanya di bagian luar PNP, sejumlah pedagang bagian dalam juga ramai menawarkan barang jualannya kepada sejumlah pengunjung di PNP tersebut. Kendati ramai, warga pun berdesak-desakan di salah satu kios penjual pakaian.

Warga yang berdesak-desakan tersebut terlihat ramai ingin belanja baju bernuansa Islami yang akan digunakan saat lebaran nantinya kepada salah satu pemilik kios pakaian.

"Susah sekali ki' menawar karena banyak juga orang belanja baju lebaran," kata Anita, salah satu pembeli, Rabu (27/4/2022) kemarin.

Pemilik kios pun nampak kewalahan, menghadapi para pembeli yang notabenenya adalah emak-emak.

"Biasa mi begini kalau mau lebaran, ramai sekali orang. Tapi belum apa-apa itu, dua hari pi dekat lebaran lebih ramai itu pembeli," ujar Irfan, salah satu penjual pakaian bermotif Islami, saat ditemui.

Ia juga bersyukur dengan budaya masyarakat yang seperti ini bisa kembali memulihkan kondisi perekonomian masyarakat khususnya para pedagang.

"Bersyukur ki juga momen kayak begini paling dirindukan sebenarnya karena kemarin-kemarin kan Covid, jadi susah kasian kalau penjual maupun pembeli karena dibatasi, tapi sekarang Alhamdulillah mulai kembali membaik dan betul-betul momen seperti ini yang kita rindukan," ungkap Irfan.

Diperkirakan kondisi tersebut akan berlangsung selama beberapa hari kedepan sebelum hari Lebaran Idul Fitri tiba. Pengunjung PNP juga diimbau sebelum memasuki Pusat Niaga, untuk terlebih dahulu menggunakan masker. (Zad)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post