INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

LUWU - Polres Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkap lima orang Pelaku berinisial ZL, ZR, HH, A, dan MA yang ditangkap karena terlibat kasus kecurangan pada Seleksi CASN pada Tahun 2021 yang lalu.

"Kalau di Luwu itu ada 5 tersangka," ucap AKP Jon Paerunan, Kasat Reskrim Polres Luwu, Senin (25/4/2022). 

Penangkapan ke lima pelaku kecurangan CASN tersebut dilakukan sekitar bulan Februari tahun 2022 yang lalu yang berasal dari pegawai Instansi Terkait yang terdiri dari ASN maupun Honorer.

"Sampai saat ini sudah menjalani penahanan hampir 2 bulan, Kelima tersangka adalah pendor dan pegawai instansi terkait atau ASN dan honorer," katanya

Pelaku dalam melancarkan aksinya, mencari dan kemudian mengimingi para peserta dalam meluluskannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Mereka mencari peserta kemudian mengiming-imingi para peserta, dengan janji, mereka bisa meluluskannya sebagai Pegawai Negeri Sipil," ungkapnya

Motif pelaku tidak lain adalah untuk mencari uang, namun peserta CASN yang diimingi para pelaku didiskualifikasi sebagai peserta CASN.

"Kalau motif asli, pastinya untuk mencari uang karena dia janjikan orang lulus saat ujian Casn tapi ternyata yang mereka imingi ini malah didiskualifikasi sebagai peserta," sambungnya

Ke lima pelaku tersebut juga memiliki peranan masing-masing dalam melaksanakan Aksinya seperti dengan memasang sebuah perangkat aplikasi pada komputer.

"Pelaku dalam menjalankan motifnya juga  memiliki peranan, ada yang koordinator perekrutan, ada yang memasang aplikasi di Komputer dan membuka pagar," bebernya

Tersangka kasus kecurangan sindikat kejahatan dan kecurangan dalam seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 terancam hukuman 10-12 tahun penjara.

"Dalam kasus ini, para tersangka dikenakan Pasal 46 Jo Pasal 30, Pasal 48 Jo Pasal 32, dan Pasal 50 Jo serta Pasal 34 UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana 10-12 Tahun Penjara" Pungkasnya. (Zad) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Previous Post Next Post