Pohon Tumbang yang Dikeramatkan di Tana Toraja Dibersihkan Setelah Prosesi Ritual
INSPIRASI TIMUR INDONESIA
TANA TORAJA – Pohon beringin besar tumbang dan menutup jalan di Kelurahan Tarongko, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Senin (28/3/2022) lalu akhirnya dibersihkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja setelah melalui ritual adat.

Pohon beringin yang dianggap keramat tersebut menutup jalan penghubung dua kelurahan selama 5 hari.

Menurut tokoh adat setempat Nek Sando Tato Dena’ mengatakan pohon keramat itu diperkirakan berusia ratusan tahun,  pada jaman dahulu dipakai sebagai tempat pemujaan menurut paham yang dikenal dengan nama aluk todolo. 

“Ini namanya aluk pengkanoronan atau minta ijin kepada yang maha kuasa dan kepada leluhur untuk membersihkan pohon ini,” kata Nek Sando Tato Dena, saat dikonfirmasi di lokasi, jumat (01/04/2022).

Setelah melalui ritual, pohon beringin tersebut baru bisa dipotong dan disingkirkan dari badan jalan, proses ritual di pohon keramat dengan mempersembahkan beberapa sesajian berupa beras ketan, ayam yang kemudian dimasak menggunakan bambu di lokasi pohon tumbang.

"Ayam yang dikorbankan tadi itu jenis ayam rame, yang berkaki putih dan hitam, dimana ayam yang berwarna kaki putih dipersembahkan untuk yang mahakuasa, sementara yang berkaki hitam untuk para leluhur Toraja,” ucap Nek Sando Tato Dena.

Setelah  prosesi ritual berlangsung, pohon yang dikeramatkan tersebut  kemudian dibersihkan oleh personel BPBD Luwu bersama warga sekitar menggunakan gergaji mesin.

Kepala BPBD Tana Toraja, Alfian Andi Lolo menjelaskan bahwa hari ini telah dilakukan ritual adat oleh masyarakat sekitar, sehingga petugas kami membersihkan batang, cabang dan ranting pohon agar akses warga kembali terbuka.

“Pembersihannya baru dilakukan hari ini Jumat (01/04/2022) karena memang kami menunggu prosesi ritual adat sesuai aluk todolo di daerah ini, kami bersama pemerintah kecamatan dan kelurahan menyaksikan dan membersihkan pohon tersebut,” ujar Alfian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post