Uang Rp76 Juta Hangus Terbakar, Pemilik: Uang itu Untuk Pembayaran Uang Kuliah Anak Saya Masuk Semester 2
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

PALOPO  – Kebakaran yang menghanguskan 2 unit rumah di jalan Ahmad Razak, lorong belakang kampus Akademi Keperawatan (Akper) Sawerigading, Kelurahan Binturu, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada Selasa (01/02/2022) pukul 07.00 Wita, membuat salah seorang korban pemilik rumah mengalami kerugian.

Salah satunya adalah Hamka (48) selain rumahnya yang hangus terbakar, uang sebesar Rp76 juta ikut terbakar.

Menurut Hamka uang tersebut disimpan untuk persiapan pembayaran uang kuliah anaknya yang sedang kuliah semester 2 jurusan Kedokteran di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

“Sebanyak Rp76 juta, itu untuk pembayaran uang kuliah anak saya masuk semester 2 di Jurusaan Kedokteran gigi di UMI Makassar,” kata Hamka saat dikonfirmasi di lokasi.

Menurut Hamka, uang itu tidak sempat diselamatkan saat api sudah merembet dari rumah kos sebelah ke rumahnya karena menyelamatkan anaknya.

“Sudah tidak sempat karena saya selamatkan dulu anak-anak, kemudian motor dan mobil saya, api juga sudah membakar bagian atas rumah hingga di dalam kamar, jadi saya sudah tidak sempat masuk,” ucap Hamka.

Hamka mengatakan ia berencana ke Makassar untuk menyetor uang tersebut namun hari libur atau raya terpaksa ia tunda dulu namun bencana kebakaran melanda rumahnya.

“Anak saya sempat menangis histeris, saya hanya katakan sama dia untuk tetap bersabar, Insha Allah akan ada hikmahnya,” ujar Hamka.

Sebelumnya diberitakan 2 unit rumah di jalan Ahmad Razak, lorong belakang kampus akper Sawerigading, Kelurahan Binturu, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (01/02/2022) mengalami kebakaran pada pukul 07.00 Wita.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Andi Musakkir mengatakan 2 unit rumah yang terbakar tersebut yakni 1 unit rumah kost milik Kartini yang dihuni 23 orang dan 1 unit rumah permanen milik Hamka.

“Rumah kos itumilik berbahan tripleks dan perkakas kayu sehingga api dengan cepat menghanguskan seluruh isi rumah dan merambat ke  satu rumah permanen,” kata Musakkir, saat dikonfirmasi di lokasi, Selasa (01/02/2022).

Menurut Musakkir, saat kebakaran terjadi penghuni kos warga asal Kupang, Nusa Tenggara Timur sebagian tidak berada di tempat.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, 23 orang penghuni kos selamat, seluruh barang dalam rumah kos hangus terbakar termasuk 1 unit kendaraan roda dua dan peralatan elektronik,” ucap Musakkir.

Lanjut Musakkir, Api berhasil dipadamkan saat merembes ke rumah milik Hamka setelah menurunkan 5 unit armada kebakaran.

“Satu unit di sektor timur dan 4 unit di sektor utara dengan total personil turun sebanyak 40 orang untuk menangani kebakaran,” ujar Musakkir.

Kapolsek Wara Selatan, AKP Marthen mengatakan saat ini pihaknya tengah menyelidiki penyebab kebakaran dengan melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi.

“Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menyebabkan 2 unit rumah terbakar, dimana 1 unit rumah kos yang terbakar para penghuninya selamat karena sebagian dari mereka pada pagi hari keluar bekerja di sementara yang lain ada 4 kamar penghuninya menyelamatkan diri saat kebakaran, sementara rumah milik Hamka uangnya hangus terbakar sebanyak Rp76 juta, ” jelas Marthen.

Previous Post Next Post