Libatkan Instansi Terkait, Polres Toraja Utara Gelar Apel Pasukan Ops Lilin 2021, Persiapan Amankan Nataru
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TORAJA UTARA
— Kepolisian Resor (Polres) Toraja Utara, Sulawesi Selatan, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin  2021 di Lapangan Apel Polres Toraja Utara, pada Kamis (23/12/2021) pagi.

Kegiatan itu berlangsung dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait, Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022”.

Pada kegiatan tersebut, bertindak selaku Pimpinan Apel yakni Bupati Toraja utara Yohannis Bassang, Perwira Apel Kasat Lantas AKP Agussalim, dan Komandan Apel KBO Lantas IPDA Lawaru.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 itu dihadiri Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, Kasdim 1414/Tator Mayor Inf Selfinus Tangkelangi, Kacabjari Rantepao, PJU dan Perwira Polres Toraja Utara.

Pasukan yang dilibatkan dalam apel tersebut antara lain 1 Pleton TNI Kodim 1414/ Tator, 1 Pleton Gabungan Staf Polres Toraja Utara, 1 Pleton Sat Samapta, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Satresnarkoba, 1 Pleton Satpol PP dan 1 Pleton Dishub Pemda Toraja Utara.

Adapun penekanan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam sambutan seragam yang dibacakan oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, selaku Inspektur dalam Apel tersebut antara lain, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021″ dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.


Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati, melalui Kasihumas Ipda Agus Martopo mengatakan bahwa dalam Ops Lilin 2021 ini Polres Toraja Utara menerjunkan 155 personil yang terbagi di 3 Pos Pengamanan dan 4 Pos Pelayanan.

“Lokasi 3 Pos Pengamanan yakni Perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Toraja Utara di Tadongkon, Pos Lantas Rantepao di Kandean Dulang dan Perbatasan Palopo-Toraja Utara di Nanggala,” kata Ipda Agus Martopo.

“Sedangkan Lokasi Pos Pelayanan yakni di Obyek wisata Ke’te Kesu’, Obyek Wisata Londa, Obyek wisata negri diatas awan Lempe dan Negri diatas awan To’Tombi Lolai,” sambungnya.

Selain Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan juga dilakukan pengamanan di Gereja-Gereja yang melaksanakan perayaan dan ibadah Natal. (*/Algwendra)


Previous Post Next Post