Buka Pelatihan Diversifikasi Produk Kerajinan, Ketua Dekranasda Luwu Dorong Ekonomi Kreatif Masyarakat
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU
- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Hakim membuka secara resmi Pelatihan Diversifikasi Produk Kerajinan di aula Celebes Islamic School, Sabtu (11/12/2021).

Pelatihan Ini terselenggara berkat Kerjasama Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian bersama Dekranasda Kabupaten Luwu.

Dalam sambutannya, Hj Hayarna mendorong para pengrajin dan pelaku UMKM di Kabupaten Luwu untuk diversifikasi produk kerajinan yang dihasilkan.

"Selaku pengrajin, tentu kita sangat menginginkan agar hasil kerajinan tangan kita laku dipasaran, sehingga dianggap perlu untuk lebih membuka wawasan agar lebih kreatif, inovatif dan berkualitas", jelas Hj Hayarna.


Menurutnya, dalam siatuasi pandemi Covid-19, masyarakat khususnya kaum ibu agar lebih proaktif dan produktif sehingga mampu membantu perekonomian keluarga.

"Tentunya, sebagai kaum wanita, akan terasa berkesan jika kita mampu membantu suami kita dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Oleh karena itu, kaum wanita harus kreatif dan mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri kita", lanjut Hj Hayarna.

Ketua Satgas PEN Luwu yang juga menjabat sebagai Kajari Luwu, Erny Veronika Maramba meminta kepada para peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya.

"Ini peluang untuk meningkatkan skill bagi kaum ibu. Apalagi pemerintah Kabupaten Luwu hadir dengan berbagai upaya untuk membantu dan membangkitkan ekonomi masyarakat", kata Erny Veronika Maramba.


Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian, Kadirman, mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan animo kaum ibu untuk berproduksi khususya bidang kerajinan tangan.

Pelatihan Diversifikasi Produk Kerajinan ini dihadiri sebanyak 60 peserta dari 6 kecamatan, yakni Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Suli, Bajo, Bajo Barat dan Ponrang Selatan.

Pelatihan akan dilaksanakan selama 2 hari, dimana pada hari.pertama diisi dengan pelatihan membuat Connector tali masker dan Bros yang dibawakan oleh Ketua DPC IPHI Pancawati Kota Pare-pare, Hj Ida Hamdah didampingi oleh Kepala Seksi Pembangunan SDM Industri Bidang Perindustrian Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, Nurmawati. (*)


Previous Post Next Post