104 Kepala Keluarga di Sabbang Selatan Nikmati Air Bersih Program Pamsimas
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- Sebanyak 396 Jiwa atau 104 kepala keluarga yang berada di dusun Pongsamenna dan dusun Bellu Desa Pompaniki kecamatan Sabbang Selatan, mulai menikmati air bersih melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). 

Peresmian mulai beroperasinya sarana air minum perdesaan Pamsimas di desa itu dilakukan oleh Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Rabu (1/12/2021).

Peresmian ditandai dengan serah terima program dari Tim Pamsimas kepada Wabup Suaib Mansur. Setelah itu, baru diserahterimakan kepada Kepala Desa Pompaniki untuk dikelola lebih lanjut. 

Suaib bersyukur pembangunan program Pamsimas sudah selesai dilaksanakan, sehingga warga desa tak lagi mengalami kesulitan memperoleh air bersih. Pada saat persemian, Wakil Bupati Luwu Utara juga mencoba keran air di titik lokasi pembangunan.

“Alhamdulillah, air sudah mengalir, dan sudah memenuhi syarat kesehatan, yaitu tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau,” kata Suaib. 

Ia berharap, program Pamsimas terus dijaga dan dipelihara. “Sering kali yang menjadi tantangan pembangunan adalah merawat bangunan yang telah ada. Jadi kami harap apa yang telah dibangun ini dijaga dengan baik agar pemanfaatannya bisa terus dirasakan masyarakat,” harap Suaib.

Dikatakan Suaib, selain pemanfaatannya, perawatan program ini menjadi target yang tak kalah penting. Di mana target pemerintah untuk pemenuhan di tiga sektor, yaitu 100% akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh 0%, dan pemenuhan 100% akses sanitasi layak, dapat diwujudkan. 

“Saya kira hal ini bisa diwujudkan. Kalau kita kompak, pasti bisa, karena yang akan menikmati adalah masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (Vk/LH)


Previous Post Next Post