Bencana Tanah longsor, Jalan Poros Palopo-Toraja Utara Kembali Lumpuh
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO
– Jalan poros Palopo-Toraja Utara kembali dilanda bencana tanah longsor, bertitik di kilometer 13 Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, pada Rabu (10/11/2021), sekitar pukul 15.00 WITA.

Longsor yang terjadi tersebut mengakibatkan akses jalan saat ini terputus total. Sejumlah kendaraan yang ingin melintas terjebak, terpaksa harus memutar balik untuk menghindari longsor susulan.

Informasi itu beredar dalam sebuah rekaman video yang diunggah warga setempat dan pengendara yang terjebak di lokasi. Saat detik-detik longsor terjadi, seseorang terdengar berteriak histeris memanggil-manggil seseorang dan memintanya pulang. Tidak mendekat ke titik longsoran, juga ada yang meminta doa.

Nampak sebuah mobil berusaha memutar balik. Bahkan juga ada seorang sopir yang berusaha menyempatkan diri mengambil gambar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Antonius Dengen, membenarkan peristiwa tersebut.

”Ya benar, (memang) terjadi longsor di poros Palopo-Toraja Utara itu. Tepatnya antara kilometer 13 dan kilometer 14. Kejadiannya sekira pukul 15.00 WITA," ujarnya.

Dikatakan Antonius, akibat longsor yang terjadi tersebut, mengakibatkan akses jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Palopo dengan Kabupaten Toraja Utara terputus dan saat ini sementara tidak bisa dilalui kendaraan. Tim BPBD sudah diturunkan untuk mengevakuasi warga setempat di lokasi longsor.

”Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Palopo sebanyak 20 personil sudah ke lokasi kejadian bersama personel Damkar dan pihak terkait lainnya. Kami juga sementara koordinasi dengan Dinas PUPR untuk menerjunkan alat-alat berat di sana,” pungkasnya. (*)


Previous Post Next Post