Gandeng FIB Unhas, Dinas Parbudmudora Lutim Gelar Workshop dan Penelitian Kearifan Lokal Budaya Wija To Cerekang


LUWU TIMUR
- Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga (Disparbudmudora) Kabupaten Luwu Timur bekerjasama Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin melaksanakan Workshop terkait Penelitian mengenai Merancang Model Pembelajaran Ekologi Budaya Bagi Masyarakat, di Wisma Golden House Malili, Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Sekretaris Dinas Parbudmudora, Hj. Syawalong, mewakili Kepala Dinas dengan menghadirkan Prof. Dr. Faturrahman dan Dr. Andi Muhammad Akhmar selaku Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unhas sebagai narasumber.

Kepala Dinas Parbudmudora Luwu Timur, H. Hamris Darwis yang dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan, Workshop dan penelitian tersebut merupakan rangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Budaya Unhas bekerjasama dengan Dinas Parbudmudora Luwu Timur.

“Acara tersebut juga sebagai rangkaian dan lanjutan kegiatan penelitian dan Forum Diskusi Terfokus yang dilaksanakan bersama dengan masyarakat Cerekang, yang merupakan upaya pemertahanan budaya dan upaya kongkrit untuk melaksanakan proses literasi digital budaya yang diharapkan menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah, dan upaya mewujudkan adanya bahan bacaan yang tersusun dari hasil rangkaian penelitian yang berisi tentang kearifan lokal budaya masyarakat Cerekang yang selama ini hanya diteruskan lewat bahasa ujaran dari generasi ke generasi,” ujarnya.

Terakhir, Hamris juga mengungkap, Prof. DR. Faturrahman sempat mengatakan bahwa Workshop ini masih terfokus kepada Budaya dan kearifan lokal Wija To Cerekang yang notabene sampai saat ini masih mempertahankan budaya ekologi dan sumberdaya alamnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Pendidikan, Darmawan, SE. dan staf yang membidangi kurikulum, seluruh staf Bidang Kebudayaan Dinas Parbudmudora dan tamu undangan seperti Guru SD, SMP dan Tokoh Pejuang muda Wija To Cerekang. (ikp)

Previous Post Next Post