Peringatan 76 Tahun RI, Plt Gubernur Sulsel Launching Mobile Vaksinator


MAKASSAR -- Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melaunching Mobile Vaksinator pada puncak peringatan 76 tahun RI tingkat Sulsel di Lapangan Upacara Rujab Gubernur Sulsel, Selasa, 17 Agustus 2021.

"Hari ini ada 9 unit kendaraan vaksinator keliling dan silahkan mendaftarkan diri," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Mobile vaksinator akan melayani kelompok, sehingga diharapkan pada proses pelaksanaan vaksinasi tidak terjadi kerumunan. Menyasar semua area penyebaran di wilayah aglomerasi Mamminasata yang terdiri dari Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. Jika target vaksinasi telah dicapai maka juga dapat menyasar wilayah di Kabupaten/Kota lainnya. Untuk mendaftarkan diri, perlu teregistrasi di website hallodokter.sulselprov.go.id.

"Ini terintegrasi dengan telemedicine Hallo Dokter untuk konsultasi, vaksin keliling, bisa melakukan tracing untuk swab ketika anda terkonfirmasi dan kita bisa bawa ke FIT," sebutnya.

Menurutnya, Mobile Vaksinator ini juga sebagai upaya dalam mendukung Sulsel Kebut Vaksinasi. Sehingga terbangunnya herd immunity (kekebalan kelompok).

Koordinator Satgas Covid-19 Sulsel,  dr Arman Bausat menyampaikan, launching ini merupakan bagian dari program Sulsel Kebut Vaksinasi, dan merupakan ide dari Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman.

Secara total terdapat 18 unit kendaraan yang digunakan, terdiri dari 9 bus dari Dinas Perhubungan dan 9 ambulance dari Rumah Sakit Pemprov Sulsel dan Satgas Covid-19 Sulsel. Dimana jika bus Mobile Vaksinator berkeliling untuk melakukan vaksinasi akan didampingi dengan satu ambulans.

Program Mobile Vaksinator ini juga berkerjasama dengan Tim Bantuan Medis (TBM) dari 4 fakultas kodekteran, yakni Unhas, UMI, UIN dan Unismuh yang akan bertugas.Masing-masing mobil terdapat rumah sakit Pemprov yang menjadi penanggungjawab.

"Silahkan mendaftar posko satgas, di mana titik mau dilakukan vaksinasi. Saat ini banyak mendaftar, kemarin ada dari pesantren 300 orang, ada komunitas juga," paparnya. (*)

Previous Post Next Post