Gempa M 5,3 Guncang Mamasa Sulbar Terasa Hingga Toraja dan Palopo
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


MAMASA - Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat dan sekitarnya pada Kamis dini hari (22/7/2021), pukul 00.44 WIB.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan lokasi gempa ini berada di 2,96 lintang selatan dan 119,43 bujur timur, berpusat di 12 kilometer tenggara Mamasa, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam akun Twitternya. 

Guncangan dilaporkan juga terasa di Kaluku, Majene, Mamuju, dan Majeng, hingga membuat warga panik berhamburan keluar rumah saat gempa bumi terjadi.

"Kami kaget dan berhamburan keluar rumah, pusatnya di lambanan perbatasan mamasa dengan Tana Toraja," Kata Randi warga Mamasa, di lokasi, Kamis (22/7/2021). 

Sementara itu, masyarakat di wilayah Toraja dan Palopo, Sulawesi Selatan juga merasakan gempa tersebut sebanyak tiga kali dengan getaran yang kuat.

Hingga saat ini, belum diketahui ada tidaknya laporan terjadinya kerusakan atau korban yang timbul akibat gempa tersebut. BMKG pun menghimbau warga untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang dapat kembali terjadi. (*)

Previous Post Next Post