Inspirasi Timur

 




MOROWALI  - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Porapar), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sosialisasi proyek perubahan Perwira Wisata, di kawasan Wisata Sombori, Desa Mbokita tepatnya di Pulau kayangan, Minggu, (22/05/21).

Program  yang digagas Kepala Dinas Porapar Morowali Drs Adzan Djirimu.M,Si.yang merupakan salah satu syarat dalam mengikuti  PKN Tk II ( PIM II ) dalam sosialisasinya mengharapkan pemuda lebih signifikan dalam pengelolaan Kepariwisataan.

“Perwira Wisata adalah singkatan dari Pemuda Berwira Usaha Berbasis Pariwisata, diharapkan agar peran pemuda lebih signifikan dalam pengembangan usaha  kepariwisataan  Kabupaten Morowali,” kata Adzan, saat dikonfirmasi, Minggu.

Adzan mengatakan, pemuda sangat tepat diberdayakan untuk mendukung usaha ini, dengan membentuk kelompok pemuda yang dapat dilibatkan dalam pengelolaan pariwisata yang dibekali dengan pelatihan kewirausahaan.

“Juga didukung dengan permodalan dan pendampingan  serta membuka ruang yang selebar- lebarnya untuk berekspresi,” ucap Adzan.

Adzan Djirimu menjelaskan bahwa Morowali sebagai daerah yang banyak memiliki destinasi wisata khususnya wisata bahari yang menarik dan eksotis, diketahui  sebagian wilayahnya yang terdiri dari gugusan pulau yang  indah dan memiliki keunikan tersendiri.

“Dengan  kunjunan wisatawan manca negara sebanyak 218 orang dan wisatawan nusantara 5,461 orang di tahun 2019 lalu, dengan melihat potensi ini pemudalah yang sangat diharapkan mendukung serta juga dapat melahirkan entrepeneer muda yang bergerak di bidang usaha  pengadaan souvenir dan pemasarannya, coffee shop,Home stay dan usaha bidang kuliner ," ujar Adzan.

Dengan penguatan dan pelibatan pemuda, lanjut Adzan,  tentunya akan membuka lapangan usaha, menurunkan angka pengangguran, mengedukasi untuk melakukan hal positif dan bermanfaat.

“Tentunya akan berdampak pada kesejahteraan pemuda dan masyarakat serta menjadikan usaha pariwisata bergairah,” tutur Adzan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Kayangan ini dihadiri oleh  Hipmi Morowali, Mandalika EO, Kelompok Penggiat Lingkungan  SDC Morowali, pegiat Wisata, Pemuda dan  masyarakat desa Mbokita

Previous Post Next Post