Inspirasi Timur

 


 


LUWU - Kampung kuliner yang berada di Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu menjadi objek berburu menu buka puasa. 

Pasalnya kampung kuliner tersebut menyajikan puluhan menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa, ditambah lagi suasanya yang begitu nyaman dan keindahan hiasan lampu-lampu yang membuat daya tarik para pengunjung. 

Kepala Desa Senga Selatan, Arfan Basmin mengatakan bahwa kampung kuliner Pakde ini salah satu inovasi desa dalam meningkatan perekonomi bagi para pelaku usaha UMKM ditengah bencana nasional yang kini melanda yakni Covid-19. 

“Kampung kuliner menjadi wadah pemulihan ekonomi masyarakat dan pemerintahan desa yang menyiapkan sarananya masyarakat atau pelaku usaha tinggal masuk di tempat berjualan,” kata Arfan, saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021).

Selain itu, Arfan mengungkapkan bahwa pihaknya juga aktif dalam program ngebuburit di bulan Ramadan ini setiap sore bersama BUMDes, pelaku usaha dan pemerintah Desa. 

“Kita berkolaborasi untuk meramaikan kampong kuliner Pakde selama bulan Ramadan, dan setelah Ramadan nantinya lebih intens lagi untuk kita selenggarakan guna untuk pemulihan ekonomi masyarakat serta menjadi wadah menciptakan ruang ekonomi baru,” ungkap Arfan. 

Arfan menyebut bahwa di kampung kuliner ini terdapat 14 unit gerobak dan 10 yang baru aktif menjual. 

“Alhamdulillah, sudah 10 pelaku usaha yang sudah aktif menjual dan beberapa lainnya akan turut menjual. Dan saya berharap kampung kuliner pakde menjadi icon menjadi pusat wisata kuliner di Kabupaten Luwu,” harapnya. 

Sementara itu, salah satu pengunjung, Sharma madeyang, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya kampung kuliner. Hal ini merupakan salah satu terobosan atau kreatifitas dari seorang kepala desa. 

“Dimana ia mengajak masyarakatnya untuk berinovasi yang bernilai ekonomi, apalagi di suasana pandemi Covid-19, yang mana dibutuhkan saat ini kreatifitas dan kemandirian masyarakat sehingga tidak terpuruk dengan suasana pandem,” ucap Sharma. 

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa kampung kuliner ini sangat luar biasa dan lokasinya juga sangat menyenangkan. 

“Selain itu, di kampung kuliner ini menyajikan banyak varian makanan dan minuman yang cocok untuk menu berbuka puasa,” pungkasnya. (*)

Previous Post Next Post