Inspirasi Timur

 



MAKASSAR - SMK Pelayaran Katangka Makassar menggelar upacara Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga dan Nautika Tingkat IV dan Ahli Teknika Tingkat IV di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Sabtu (20/02/2021).

Wisuda perwira remaja SMK Pelayaran Katangka Makassar yang kelima ini berlangsung dengan tetap menerapkan protkol kesehatan yang ketat.

Sebanyak 120 taruna yang diwisuda kali ini terdiri dari program ahli nautika tingkat IV sebanyak 68 taruna dan program ahli teknika tingkat IV sebanyak 52 taruna.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Muhammad Jufri memimpin langsung prosesi upacara dan menyampaikan selamat kepada seluruh taruna yang diwisuda kali ini.

Ia mengatakan, kebutuhan pelaut menjadi penting, utamanya di Makassar yang menjadi penghubung untuk seluruh kawasan Indonesia Timur.

“Potensi kemaritiman seharusnya dapat dimanfaatkan alumni pelayaran,”kata Jufri.

Kepala SMK Pelayaran Katangka Makassar, Munafri Paspi mengatakan bahwa ini merupakan wisuda perwira remaja untuk SMK Pelayaran Katangka Makassar yang kelima.

“Jadi, mengapa ke lima? Karena tidak setiap tahun kami laksanakan, itu menyesuaikan dengan jumlah peserta yang selesai dalam menyelesaikan pendidikan proses jasa laut,” jelas Munafri ditemui usai wisuda.

Selain itu, kata dia, karena sekarang masih suasana pandemi Covid-19 sehingga ada beberapa taruna yang tidak ikut dalam acara wisuda. Terutama, taruna yang jauh dan berasal dari luar Sulsel.

“Karena terkendala masalah administrasi naik pesawat sehingga tidak sempat menghadiri,” tuturnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post