KPU Luwu Timur Gelar Pleno Terbuka Tetapkan Husler-Budiman sebagai Pemenang Pilkada

LUWU TIMUR - Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Penyelenggaraan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, berlangsung di pelataran kantor KPU, Jl. Soekarno-Hatta KM 02, Puncak Indah, Malili  Sabtu, (20/02/2021), pukul 14.00 Wita.

Kegiatan Rapat Pleno tersebut, dihadiri oleh Plh. Bupati Luwu Timur Bahri Suli, Polres Luwu Timur, Dandim 1403 Sawerigading, Kejaksaan Negeri Malili, Ketua Bawaslu beserta anggota Bawaslu Luwu Timur, Pimpinan Partai Politik Pengusul, istri almarhum Husler, Hj. Puspita Husler, istri Budiman Hakim,  anggota DPRD Luwu Timur, Rully Heriawan dan Najamuddin, serta sejumlah kader partai pengusung.

Ketua KPU Kabupaten Luwu Timur, Zainal, saat memimpin pleno penetapan, dalam sambutannya menyebutkan jika penyelenggaraan Rapat Pleno terbuka didasari atas keluarnya surat edaran Kementerian Dalam Negeri untuk mempercepat proses penetapan pasangan calon dimasing-masing daerah.

"Kami melaksanakan kegiatan ini, didasari salah satunya atas surat dari Kemendagri yang ditujukan kepada Plh. Bupati Luwu Timur untuk melakukan percepatan proses penetapan pasangan calon oleh KPU Kabupaten/Kota Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi di masing-masing daerah" Ucap Zainal.

"Hal ini dikarenakan untuk menghindari penyeberluasan pemaparan virus corona di daerah, meskipun kami telah menyusun jadwal sendiri untuk rapat pleno penetapan ini", sambungnya.

Lanjut kata Zainal, berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara model D KWK tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur pada 9 Desember 2020 lalu, menempatkan pasangan calon Muhammad Thoriq Husler-Budiman dengan suara 86.351, Sementara Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri meraih 77.228 suara. Sementara jumlah suara sah 163.579, suara tidak sah 1.245 serta jumlah suara sah dan tidak sah 164.824.

“Sehingga KPU Luwu Timur menetapkan pasangan nomor urut 1, Muhammad Thoriq Husler-Budiman Hakim sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Zainal.

Untuk itu, dia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat kabupaten luwu timur atas doa, dukungan dan partisipasinya pada penyelenggaraan pilkada Luwu Timur yang mencapai angka 80.71%.

"Kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sekretariat KPU yang telah memfasilitasi tahapan pelaksanaan mulai dari awal sampai akhir, dan terkhusus dukungan dan partisipasi masyarakat Kabupaten Luwu Timur serta rekan-rekan media" tegas Zainal.

Acara tersebut diawali dengan menyajikan tariat adat "kajangki" yang  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. setelah itu, acara dilanjutkan dengan dibacakannya Berita Acara nomor 005/PL.02.7-BA/7324/KPU-Kab/II/20221 Tentang Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020, oleh Muhammad Abu, selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan, dan dilanjutkan dengan penandataganan Berita Acara Penetapan Pasangan Calon Terpilih oleh masing-masing pasangan calon dan KPU.

Acara kembali dilanjutkan saat Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Luwu Timur, Adam Safar, ST. membacakan Surat Keputusan KPU Luwu Timur Nomor 02/Pl.02.7-Kpt/7324/KPU-Kab/II/2021 Tentang Penetapan Pasangan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020 oleh yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara dan salinan Surat Keputusasn penetapan kepada tamu undangan yang hadir.

Sementara itu, wakil bupati Luwu Timur terpilih, Budiman, menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh tim pemenangan Husler-Budiman yang telah bekerja keras selama ini. Ditengah sambutannya itu juga, Budiman menyempatkan diri mengajak seluruh tamu yang hadir untuk mengirimkan doa kepada Almarhum Muhammad Thoriq Husler.

Saat pembacaan doa untuk almarhum Husler, Budiman tampak meneteskan air mata, begitupun dengan sejumlah tamu undangan dan komisioner KPU serta istri almarhum Husler, Hj. Puspita Husler. (*)

Previous Post Next Post