Pemkab Luwu Distribusikan Bantuan Logisti Korban Angin Putting Beliung


LUWU – Pemerintah Kabupaten Luwu, melalui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, H. Sulaiman, mendistribusikan langsung bantuan untuk korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Selasa (16/2/2021).

Sekda Luwu, H. Sulaiman mengatakan bahwa pihaknya menyalurkan bantuan ini ke lokasi bencana atas perintah langsung Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang. 

"Bapak Bupati memerintahkan langsung untuk turun memberikan bantuan dan melakukan pendataan jumlah warga yang terdampak dan apa saja yang dibutuhkan dan bantuan berupa beras, mie instan dan air mineral," kata Sulaiman.

Sulaiman mengungkapkan bahwa Pemkab Luwu akan melakukan pendataan jumlah warga yang terdampak, termasuk mendata kerugian materi yang dialami warga dan kebutuhan jangka panjang.

“Data ini akan menjadi dasar Pemerintah Kabupaten Luwu dalam melakukan penanggulangan para korban dalam jangka panjang, seperti penganggaran bantuan rumah layak huni bagi korban yang rumahnya rusak berat akibat bencana ini, maupun renovasi rumah bagi yang terdampak dengan kerugian sedang atau ringan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Luwu, Aminuddin Alwi menyebut, bahwa ada 250 jiwa yang terdampak dan mereka saat ini tengah mengungsi ke rumah warga, keluarga mereka, sekolah dan rumah ibadah

"Langkah cepat telah dilakukan pemerintah pasca bencana Senin kemarin. Hari ini kami BPBD dan dinas sosial berbagi peran, mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum. Upaya lain, melakukan kaji cepat dampak bencana dan evakuasi korban beserta harga benda mereka, membantu pembersihan di lokasi bencana," ucapnya




Previous Post Next Post