Inspirasi Timur

 



 

TORAJA UTARA - Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan jalan penghubung antar Kecamatan Kapalapitu dan Kecamatan Rindingallo, mengalami longsor di Dusun Pongko, Lembang (Desa) Benteng Ka’do, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara.

Babinsa Kecamatan Kapalapitu, Serka Rolly Panggahong mengatakan longsor terjadi sejak Sabtu (06/02/2021) dini hari sekitar pukul 01.00 Wita.

“Akibat longsor, jalan penghubung antar dua kecamatan tertutup material berupa tanah, batu dan batang pohon hingga membuat jalan tak bisa dilalui kendaraan,” kata Rolly, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (06/02/2021).

Rolly mengatakan batu besar dan batang pohon yang menutupi jalan, oleh warga berusaha untuk disingkirkan menggunakan alat seadanya.

“Karena minimnya peralatan membuat akses penghubung antar kecamatan ini lumpuh total, kami TNI  dan  warga berupaya hari ini bisa selesai pembersihan jalan agar bisa kembali dilalui oleh kendaraan,” ucap Rolly.

Sejumlah pengendara roda dua yang akan melintas terpaksa mengantri bahkan sebagian dari mereka ikut membantu bergotong royong membersihkan material longsor.

Menurut warga, Herdi (38) berharap pemerintah menyediakan alat berat yang siap selalu digunakan jika terjadi longsor, mengingat longsor kerap terjadi setiap tahun di daerah tersebut pada puncak musim hujan yang berkisar pada bulan Februari hingga April.

“Kami berharap sebisa mungkin pemerintah menyediakan alat berat untuk menanggulangi bencana jika terjadi longsor langsung dipakai untuk membersihkan jalan agar akses cepat berjalan lancar,” ujar Herdi.

Post a Comment

Previous Post Next Post