Inspirasi Timur

 



 

LUWU - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu diperingati Sabtu (13/02/2021)  di ruang paripurna Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu. 

Pelaksanaannya diperingati secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam Pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan tatap muka maupun secara virtual tersebut berlangsung penuh khidmat.

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M. Pd, dalam sambutannya mengungkapkan, peringatan HUT Ke-15 Belopa adalah momentum bersejarah dan patut disyukuri karena masih dapat diperingati ditengah suasana Pandemi wabah virus corona.

” HUT ke-15 Ibukota Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu ini kita menyongsong perubahan global yang menuntut kita harus menyesuaikan dengan keadaan dengan tepat dan terencana sehingga kita dapat bersaing untuk meraih manfaat dalam percaturan global,” kata Basmin.

Basmin mengatakan, dalam momentum HUT ke-15 Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu, mewakili Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan penuh Gubernur Provinsi Sulsel dan Wakil Gubernur Provinsi Sulsel selaku Pemerintah Provinsi Sulsel yang banyak memberi kontribusi atas kemajuan pembangunan di Kabupaten Luwu.

” Kami juga sangat mensyukuri Kabupaten Luwu ini adalah Wanua Mappatuo Naewai Alena, istilah ini menyatakan daerah ini adalah daerah yang subur dan mandiri dalam kemakmuran. Namun kamipun patut dan sangat memberi apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulsel karena banyak membantu pembangunan di Luwu, khususnya untuk membuka akses jalan wilayah terpencil Bastem dan Latimojong dan Walenrang Barat,” ucap Basmin.

Dalam kegiatan yang dihadiri segenap anggota DPRD Luwu, unsur Forkopimda Luwu, Maddika Bua (mewakili Paduka Datu Luwu), dan beberapa pejabat OPD (para asisten dan staf ahli Bupati Luwu. Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali membacakan sejarah singkat berdirinya Ibukota Belopa sejak tahun 2006 hingga perkembangan saat ini.. Pula dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Sulsel H Andi Sudirman Sulaiman, S.T. memberikan sambutan yang mengharapkan perlunya terus dibangun sinergitas pembangunan antara Pemerintah Provinsi Sulsel dengan Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Bapak Gubernur Sulsel menyatakan komitmen ingin membangun Luwu Raya termasuk Kabupaten Luwu. Pembuktian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan hal itu terlihat telah menggelontorkan total anggaran sebesar Rp 217 miliar lebih ke Kabupaten Luwu dan hal itu akan terus berlanjut, ” kata Andi Sudirman.

Post a Comment

Previous Post Next Post