Antisipasi Banjir dan Kerusakan Perahu Nelayan, Warga Mario Bersihkan Sampah di Sungai

SPACE PANJANG

 




LUWU - Di musim penghujan, Aliansi Pemuda Mario Bersatu, bersama warga, Pemerintah Desa Mario, BPD, Babinsa Danramil Padang Sappa, dan Bhabinkamtibmas Kapolsek Ponrang, melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang aliran Sungai Mario, Kabupaten Luwu, Sabtu (13/02/2021) 

Aksi ini sebagai bentuk antisipasi banjir, dan menjaga eksosistem sungai,  serta pembersihan sampah ini agar para nelayan yang melaut tidak dihalangi lagi sampah, karna sampah sering tersangkut baling-baling mesin. 

Dalam pembersihan sampah tersebut warga menggunakan alat seadanya, seperti jaring dan alat pengangkat manual. 

Lanjut, Muchlis, mengatakan bahwa tujuan pembersihan sungai ini untuk meghindari banjir, karena saat ini sudah musim. Penghujan.Selain dari pada itu akibat sampah itu selalu menghalangi masyarakat nelayan karena baling perahu tersangkut sampah akhirnya perahu rusak, dan Juga menjaga eksosistem sungai. 

“Kami berharap masyarakat agar lebih sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi dibuang ke sungai. Jika sampai terjadi banjir serta menganggu nelayan perahu nelayan akibat samoah tersebut, tentu akan merugikan warga sendiri,” kata, Kades Mario, Muchlis. 

Lanjut, Muchlis, menghimbau khsususnya sejumlah orang yang melintas untuk tidak membuang sampah disungai ini. 

"Kami juga menghmbau kepada masyarakat agar sampah kering jangan di buang sungai, kita minta agar sampah tersebut diabakar. Alhamdulillah kalau khusus masyarakat mario kami tidak ada lagi buang sampah di sungai. Karena peduli dengan sungai ini," katanya. 

Sementara itu, Ketua BPD Mario, Asrianto, menekankan agar masyarakat tidak membuang lagi sampai di sungai terutama bebrapa orang yang melintas kemudian membuang sampah di sungai. 

"Kita harapkan keadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan disungai ini," terangnya. 

Aksi bersih-bersih sampah oleh Aliansi Pemuda Mario Bersatu, dibagi dibeberapa titik. Hal ini agar tidak terjadi kerumunan di salah satu titik, sehingga tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19.

Previous Post Next Post