Dampak Banjir, Warga di Luwu Krisis Air Bersih

SPACE PANJANG

 






LUWU -  Banjir rendam ratusan rumah, Fasilitas umum dan lahan pertanian di Desa Pompengan Tengah dan Pompengan Pantai, di Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Jumat, (11/09/2020).

Selain rumah dan lahan pertanian terendam, kini warga mulai mengalami krisis air bersih, hal tersebut disebabkan sumur sumber air bersih warga kini tercemar akibat banjir.

Warga korban banjir Suharti mengatakan bahwa kejadian banjir ini sejak tadi subuh, air meluap dan masuk kerumah-rumah warga sangat deras.

"Kondisi air masih deras dan tinggi, tidak bisa untuk kita tinggali, kami juga kesulitan untuk air bersih. Sumur sudah terendam banjir dan untuk bantuan sendiri belum ada," kata Suharti saat dikonfirmasi dilokasi.

Hal senada juga disampaikan oleh salah Irwan warga Pompengan Tengah saat ditemui dilokasi banjir, dirinya berharap kepada pemerintah agar perbaikan tanggul segera ditangani.

"Kita berharap tanggul dapat diperbaiki agar kami selaku petani tidak gagal panen, kita sudah Tiga kali gagal panen akibat banjir," harapnya



Sementara itu, personil BPBD Kabupaten Luwu Azis mengungkapkan bahwa terkait penanganan banjir ini, yang dilakukan BPBD sementara ini melakukan peninjauan lokasi.

"Kita sementara ini meninjau dulu lokasi, hasil tinjauan nanti kita akan laporkan, apakah bantuan yang akan disalurkan nanti itu berupa air bersih atau bahan makanan," ungkap Azis  

Pantauan team inspirasitimur.com warga tampak mengungsikan harta bendanya kerumah warga yang tidak terdampak banjir dan ada juga yang menempatkan barang miliknya seperti barang elektronik, pakaian, bahan makanan, tempat tidur di atas plapom rumahnya

Previous Post Next Post