33 Pasien Covid-19 di Luwu Utara Dinyatakan Sembuh, Usia 15–19 Tahun

Luwu Utara, Inspirasitimur.com --- Sejauh ini jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Luwu Utara adalah 45 kasus. 33 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 11 masih dikarantina/dirawat dan satu orang meninggal. Persentase kesembuhan hingga Kamis 18 Juni 2020 adalah 73,3%.

Tingginya angka kesembuhan covid-19 di Lutra didominasi para remaja usia 15 – 19 tahun (usia produktif), yaitu sebanyak 26 orang. 26 orang yang sembuh, seluruhnya para santri. Sementara paling lama proses kesembuhannya di atas 50 tahun, yaitu sebanyak 3 orang.

Juru Bicara (Jubir) Pemda Lutra untuk Penanganan Covid-19, Komang Krisna, mengungkapkan hal ini, Kamis (18/6/2020), di Masamba. “Penambahan kasus sembuh memang lebih banyak terjadi pada usia muda dan produktif. Semuanya para santri,” ungkap Komang.

Meski begitu, ia mengingatkan, kelompok produktif tetap harus waspada karena juga rentan terpapar covid-19, karena mobilitas mereka sangat tinggi. “Saat kembali ke rumah harus lihat keluarga. Jangan sampai ada keluarga di rumah memiliki komorbit karena akibatnya bisa fatal,” ujarnya mengingatkan.

Terkait new normal life, ia meminta masyarakat untuk tidak menyalahartikan new normal sebagai pelonggaran protokol kesehatan. “Bahaya jika kita tak lagi taat pada protap kesehatan karena dapat memicu pertumbuhan kasus dan pembentukan klaster baru,” ucap dia.

“Tetap waspada, jangan anggap enteng covid-19, jaga kesehatan dengan disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat, baik di rumah maupun di lingkungan sekitar. Tetap pakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan di air yang mengalir, dan jaga jarak,” pungkasnya. (LH)


Previous Post Next Post