IDI Cabang Luwu Salurkan APD ke Seluruh Rumah sakit dan Klinik se-Kabupaten Luwu.
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU – Dalam menanganai pandemi Corona atau Covid-19, IKatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Luwu kembali menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada seluruh Anggota IDI Cabang Luwu dan untuk seluruh rumah sakit dan klinik se-Kabupaten Luwu. Sabtu (9 /05/2020).

Ketua IDI Cabang Luwu dr Alauddin Jusuf , Sp.An, M.Kes mengatakan,kegiatan itu terlaksana atas kerjasama 70 dokter yang juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia Cabang Luwu dalam rangka turut serta berpartisipasi dan mendukung percepatan penanganan Covid-19.

"Kami sadar ini adalah masalah bersama yang tidak bisa ditangani oleh hanya sebagian komponen bangsa, oleh karena itu kepada seluruh elemen termasuk yang tergabung dalam IDI, marilah kita berjuang bersama demi misi kemanusiaan, seiring semakin meningkatnya kasus covid-19 terkonfirmasi di Luwu khususnya," kata Alauddin.

"Mulailah dengan berdo'a sebelum bekerja, bekerja dengan ikhtiar, ikhlas dan niat tulus, laksanakanlah disiplin ilmu dengan percaya diri sesuai standar operasional, jangan lupa pakai  APD sesuai indikasi, Insya Allah Yang Maha Kuasa akan melindungi kita semua dari wabah covid ini." Sambung dr. Ala' (sapaan akrabnya).

Menurutnya penularan Covid-19 terutama melalui saluran pernapasan dan mukosa mata, sehingga APD untuk melindungi wajah sangat dicari untuk menunjang keselamatan kerja para tenaga kesehatan.

Sejak awal tahun 2020 hingga kini, kelangkapan APD masih menjadi masalah utama dalam bidang kesehatan di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia khususnya di Kabupaten Luwu, hal itu menyebabkan tingginya angka kecemasan para tenaga kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan praktik mandiri yang tetap harus melayani pasien.

“Diharapkan dengan adanya bantuan APD ini, seluruh komponen yang terkait tetap dapat melayani masyarakat khususnya dalam bidang Kesehatan dengan safety secara fisik dan emosional,” ujar Alauddin.

Pengurus IDI Cabang Luwu bersama donatur masih berupaya untuk mengadakan beberapa APD seperti masker bedah, masker N95, Shoe cover, Cover all suit, Goggle, Faceshield, dan handsanitizer. Seluruh APD itu akan dibagikan secara variatif kepada Rumah sakit, Klinik dan dokter-dokter di Kabupaten Luwu.

Tidak hanya itu. pihaknya bersama tim juga terus mendorong masyarakat agar mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk tetap berada dirumah dan menggunakan masker saat keluar rumah untuk melakukan aktifitas yang memang sangat penting. (Rilis/Avat)

Previous Post Next Post