Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Luwu dan Dinas Perdagangan Lakukan Pengawasan Tera dan Pantau Sembako
INSPIRASI TIMUR INDONESIA





LUWU – Tim gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Luwu  bersama Dinas Perdangan Kabupaten Luwu, melakukan pengecekan atau pengawasan tera (Volume Cairan) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kabupaten Luwu. Selain itu tim gabungan melakukan pantauan harga kebutuhan pokok. Kegiatan ini dilakukan jelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal mengatakan pengawasan tera dilakukan untuk memastikan peneraan pada SPBU benar atau tidak takaranya untuk BBM jenis premium dan solar.

"Pemeriksaan atau pengawasa tera ini dilakukan untuk menjaga konsumen dan pengusaha dari kerugian akibat kurang atau lebih yang dikeluarkan dari batas toleransi yang dipersyaratkan,” kata Faisal saat dikonfirmasi, Rabu (11/12/2019).

Menurut Faisal, pemeriksaan atau pengawasan tera ( Volume cairan )  premium dan solar di SPBU dengan menggunakan alat uji Tera saat ini masih pada ambang normal.

“Untuk ukuran uji tera premium dan solar SPBU wilayah Kabupaten Luwu sudah sesuai dengan aturan Pertamina Pusat, belum di temukan adanya pengurangan tera batas maksimal yang telah di tentukan oleh Pertamina Pusat dimana ukuran tera premium ambang batas mines 20 ml kemudian ukuran tera solar maksimalyakni 52 ml,” ucap Faisal.

Sementara pantau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, petugas juga tidak menemui kenaikan harga yang signifikan dan relatif stabil.

“Belum ada kami temui lonjakan harga, semuanya masih stabil dan semoga tetap normal seperti biasanya agar masyarakat juga bisa belanja dengan normal pula,” ujar Wahida, Kepala Dinas Perdagangan Luwu.

Menurut Wahida, hingga saat ini pihaknya juga belum mendapatkan laporan adanya kelangkaan kebutuhan pokok di pasar, jsehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya lonjakan harga maupun kelangkaan barang, karena semuanya masih stabil.

“Harga stabil seperti Cabai merah besar masih Rp 20.000 perkilogram, Cabai merah keriting Rp 25.000 perkilogram, Cabai rawit merah Rp 20.000 perkilogram, Cabai rawit Hijau Rp 30.000 perkilogram, sedangkan Tomat hanya Rp 10.000 perkilogram dan Bawang Merah Rp 35.000 perkilogram serta Bawang Putih Rp 30.000 perkilogram,” jelas Wahida.

Previous Post Next Post