Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2019, Polres Toraja : Wujudkan Rasa Aman dan Nyaman Untuk Masyarakat
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


TANA TORAJA - Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru berlangsung di Mako Polres Tana Toraja, Kamis (19/12/2019). 

Kapolres Tana Toraja AKBP. Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM mengajak warga tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait. 

"Melalui gelar pasukan operasi lilin 2019, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 di wilayah hukum Polres Tana Toraja," kata Gregorius Liliek

Apel gelar pasukan tersebut di ikuti oleh 1 peleton personil Kodim 1414 Tator, 1 Peleton BKO Brimob, 4 peleton personil Polres Tator, 1 Peleton Sat Pol. PP Kab. Tana Toraja, dan 1 Peleton Dishub Kab. Tana Toraja, barisan peserta apel gelar pasukan ini di komando oleh Komandan Apel Ipda Moh. Hadi Kurniawan,  hadir pula Dandim 1414 Tana Toraja Letkol. Czi. Zainal Arifin, M(Han) mendampingi Kapolres Tator AKBP. Gregorius Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM berdiri di podium Pimpinan Apel.


Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara SH hadir sebagai unsur Forkopimda mewakili Bupati Tana Toraja, duduk berdampingan dengan Kajari Makale Jefri P. Mekapedua di kursi barisan depan diantara tamu undangan lainnya.


Apel Gelar Pasukan yang di selenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri termasuk Polres Tana Toraja  ini bertujuan untuk memastikan kesiap siagaan personel, peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dalam amanat seragam Kapolri yang dibacakan oleh Liliek Tribhawono, Jend. Pol. Idham Aziz mengatakan bahwa Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019,
sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020.

" Fokus pengamanan adalah tempat ibadah gereja, tempat obyek wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, dan obyek keramaian lainnya yang memerlukan kehadiran polisi," lanjut Amanat Kapolri.

Dalam rangka mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Kapolri Jend. Polisi Idham Azis menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani.

Pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Ketiga, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui
penerapan buddy system. 

Kelima, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri tak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2019.

" Teriring doa semoga pengabdian tugas yang saudara tunjukan dalam pelaksanaan operasi ini, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa ". Kata Kapolres Tator wakili Kapolri sekaligus akhiri Apel Gelar Pasukan.

Previous Post Next Post