74 Tahun Mengisi Kemerdekaan Warga di Bastem Akan Merasakan Jalan Trans Luwu-Toraja
INSPIRASI TIMUR INDONESIA



LUWU - Warga Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mengaku akan menikmati jalan yang dibuat pemerintah melalui jalan trans Bua Kabupaten Luwu menuju Rantepao Toraja Utara.

Salah seorang warga Kecamatan Bastem Salling Sampe Allo mengatakan bahwa sejak negara ini merdeka tahun ini akan kami nikmati jalan pemerintah.

“Selama 74 tahun merdeka baru sekarang ini kami akan merasakan jalan yang dibuat pemerintah, semoga ini cepat selesai pembangunannya,”kata Salling Sampe Allo.

Pernyataan tersebut dikatakan ketika ditemui media pada Kamis (20/11/2019) lalu saat rombongan Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah melintas di daerah tersebut dan diminta berhenti untuk mencicipi Kopi dan Ubi sambil berdiskusi di Tongkonan.


Prof Nurdin Abdullah yang mengunjungi jalan rintisan Bua Kabupaten Luwu menuju Rantepao Toraja Utara menyetir sendiri kendaraannya untuk mengetahui progres pembuatan jalan tersebut yang direncanakan akan rampung pada tahun ini.

Jalan yang direncanakan dua jalur dan empat lajur ini dengan panjang 40 kilometer yang melewati perbukitan Bastem akan mendorong kunjungan wisatawan ke Toraja dan Luwu dan mempercepat daya tempuh wisatawan dari Bua ke Rantepao.

“Jalan ini akan memperpendek jarak dari Bandara Bua ke Rantepao dengan waktu tempuh 40 menit, selain itu dengan melewati Bastem yang memiliki potensi pertanian kita berharap seluruh produk-produk masyarakat yang ada di Bastem dan Bua Kabupaten Luwu bisa menjadi penyangga Kabupaten Toraja, Toraja Utara dan Kota Palopo sehingga ekonomi masyarakat akan tumbuh dengan cepat,” kata Nurdin Abdullah saat dikonfirmasi, Jumat (22/11/2019).

Dengan kolaborasi ini kami berharap anggaran APBN bisa membantu ditambah APBD Provinsi dan jalan ini bisa dinikmati di tahun ini, dengan kebutuhan Rp 200 Miliar.


“Progres sekarang sudah sampai 50 persen, kita syukuri karena akses jalannya luas meski ada beberapa yang dilewati agak ekstrim karena barusan diguyur hujan dan belum digravel. Jadi tahun ini selesai untuk seluruh pembukaan jalan dan 2020 akan dimulai dengan pengaspalan jalan,” ucapnya.          

Previous Post Next Post