SPACE PANJANG

 






PALOPO -  Ratusan santri dari berbagai tingkatan yakni TK, SD, SMP dan SMA di Sekolah Islam Terpadu Insan Madani, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Minggu (01/09/2019) menyambut tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriah yang bertepatan dengan 1 September 2019 Masehi, dengan melakukan pawai hijratul hijrah. 

Pawai dilakukan dengan dimulai dari halaman Masjid Islamic Centre dan berakhir di lpangan Pancasila Kota Palopo dengan berjalan kaki yang dlandasi rasa penuh semangat dan suka cita. Selain santri, pawai juga diikuti oleh orang tua santri dan pihak pendidik. 

Para santri peserta pawai Islam ini mengenakan kostum muslim dan muslimah, bahkan dalam kegiatan ini santri menampilkan replika Unta sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad Saw yang digunakan saat melakukan hijrah, selain itu peserta juga membawa pesan moral yang tertulis di kertas karton seperti “jadilah lebih baik dari hari kemarin” dan berbagai pesan lainnya. 

Ketua Yayasan  Nurul Islam Insan Madani, Lukman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum dalam mengajarkan nilai-nilai keteladanan Rasulullah Muhammad Saw sejak dini  dan menyampaikan pesan moral kepada santri dan masyarakat.

“Momen ini adalah hal yang urgen bagi kita semua untuk memperkenalkan kepada anak-anak kita sejak dini, dalam kegiatan ini sesungguhnya adalah bagian dari sarana dakwah karena alat peraga yang mereka gunakan itu memuat pesan-pesan dakwah, pesan-pesan moral,” kata Lukman saat dikonfirmasi, Minggu (01/09/2019).

Menurutnya melalui kegiatan tahun baru Islam  ada pesan moral yang disampaikan.”Kita ingin melalui tahun baru Islam ini ada pesan moral yang kita sampaikan bahwa hijrah itu bukan hanya pindah tempat dari tempat satu ke tempat lain tetapi juga adanya perubahan dari kondisi yang satu ke kondisi yang lebih baik,” ucapnya.

Orang tua Santri, Irfan mengatakan bahwa pawai seperti ini menjadi perekat sesama santri, para orang tua santri serta pihak sekolah.

"Dengan pawai ini selain menumbuh kembangkan persaudaraan juga menjalin ukhuwah islamiyah antar orang tua dan pihak sekolah," ujarnya.
Previous Post Next Post