3 Unit Rumah Warga di Tana Toraja Terbakar dalam Kondisi Hujan Deras

3 Unit Rumah Warga di Tana Toraja Terbakar dalam Kondisi Hujan Deras

 

TANA TORAJA – Asap tebal dari lantai 2 rumah warga di jalan Tritura Poros Terminal – Makale, Kelurahan Kamali Pentalluan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, menghanguskan 3 unit rumah warga.

 

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Tana Toraja, Salmon Tonapa mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting.

 


“Penyebabnya belum bisa dipastikan, namun saksi mata mengatakan jika api pertama muncul dari atas atap, sehingga kuat dugaan kebakaran terjadi karena ada hubungan arus pendek,” kata Salmon, saat dikonfirmasi, Kamis (19/1/2023) sore.

 

Meski diguyur hujan, api terus membesar membuat warga sekitar terlihat panik dan berhamburan keluar rumah, pemilik rumah yang sempat terjebak dari kepulan asap tebal berhasil menyelamatan diri melalui tangga darurat.

 

Dinas Pemadam Kebakaran menurunkan 4 unit armada kebakaran, sekitar satu jam kemudian api berhasil dipadamkan. namun karena personel pemadam terbatas jumlahnya, membuat warga berjibaku turun tangan membantu petugas memadamkan api.

 

“Kami terkendala dengan jumlah personel, hanya ada 7 orang, sehingga proses pemadaman berjalan lambat, tapi berkat kesigapan warga membantu kami kebakaran bisa dengan cepat diatasi,” ucap Salmon.

 

Salmon mengatakan untuk memastikan api benar-benar padam, pihaknya melakukan pendinginan.

 

“Meski diguyur hujan, petugas kami tetap melakukan proses pendinginan dengan menyiram ke seluruh bangunan guna memastikan api benar-benar sudah padam,” ujar Salmon.

 

Dalam kejadian ini tidtak ada korban jiwa maupun luka, namun kerugian ditaksir hingga ratusan jutaan rupiah.

Previous Post Next Post