2 Periode Menjabat Kadis, Ini 6 Pesan Penting Arief Palallo



LUWU UTARA - Sosok Arief R. Palallo sudah tidak asing lagi di lingkup Kabupaten Luwu Utara. Bahkan di lingkup Provinsi Sulawesi Selatan, nama dia juga sudah sangat familiar.


Bicara Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP), nama Arief, tak bisa dilepaskan begitu saja. Boleh dikata, Arief adalah Kominfo, pun sebaliknya.


Pasalnya, pejabat yang mulai dikenal di zaman Bupati pertama Luwu Utara, Luthfi Andi Mutty, ini menjabat sebagai Kadis Kominfo di dua era kepemimpinan Bupati Luwu Utara.


Pertama Arief menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo, Kebudayaan dan Pariwisata periode 2008 – 2012 saat Bupati Luwu Utara dijabat oleh Drs. H. Arifin Junaidi, M.M. 


Kedua, saat dirinya diberi amanah oleh Bupati Luwu Utara saat ini, Indah Putri Indriani, sebagai Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian hingga di akhir Januari 20023.


Tak ada yang abadi. Jabatan yang sudah melekat di tubuh pria kelahiran Banggai 57 tahun silam ini, akhirnya berakhir pada 30 Januari 2023. Menyusul dilakukannya pergeseran jabatan oleh Bupati Indah Putri Indriani, Senin (30/1/2023), di Aula La Galigo Kantor Bupati. 


Kendati demikian, perjalanan birokrasi Arief belum berakhir. Bupati Indah Putri Indriani tetap memercayai Arief untuk menduduki jabatan yang baru sebagai Kepala BKPSDM.


Menariknya, Kepala BKPSDM sebelumnya, Nursalim, menduduki jabatan Kadis Kominfo-SP yang sebelumnya dijabat oleh Arief. Sekaligus mengonfirmasi adanya pergeseran posisi.


Arief R. Palallo menitip enam pesan penting kepada seluruh jajaran Dinas Komifo, termasuk berharap banyak kepada Kadis baru untuk tetap memperhatikan enam poin tersebut.


Enam poin penting itu adalah: (1) Indeks SPBE; (2) Indeks Keterbukaan Informasi Publik; (3) Quick Win Smart City 2023; (4) Satu Data Indonesia, (5) Pemerataan Infrastruktur BTS; dan (6) Penerapan Tanda Tangan Elektronik sampai Kecamatan. 


Dari 6 poin penting pesan Arief Palallo, poin tiga menjadi sangat urgen karena Luwu Utara telah memiliki dokumen master plan BISA Smart City 2023 yang harus segera diimplementasikan.


“Ada beberapa yang saya harapkan kepada teman-teman Diskominfo, yaitu bagaimana mempertahankan prestasi indeks SPBE, indeks Keterbukaan Informasi Publik, dan yang tak kalah pentingnya, quick win BISA Smart City tahun 2023 ini,” kata Arief, usai pelantikan.


Hal lain yang diingatkan Arief adalah soal satu data Indonesia, pemerataan infrastruktur dan penerapan tanda tangan elektronik sampai bagian Setda dan kecamatan. Yang juga tak kalah pentingnya, kata dia, keamana informasi dan penyebaran informasi yang masif.


“Terakhir, saya berharap kepada teman-teman semua yang ada di Dinas Kominfo-SP agar tetap membangun kerja sama yang baik dan solid dengan pimpinan yang baru,” harap dia.


Saat ditanya tentang program yang akan ia laksanakan sebagai Kepala BKPSDM yang baru, Arief menyebutkan bahwa konsolidasi program kegiatan mendesak yang akan prioritaskan.


Apa saja itu? Arief menyebutkan bahwa beberapa di antaranya adalah persiapan lelang jabatan, sosialisasi intens tentang jabatan fungsional, serta integrasi aplikasi e-Kinerja. “Terima kasih kepada pimpinan atas amanah yang dipercayakan ini,” pungkasnya. (LH)




Berikut daftar jabatan yang pernah diduduki Arief R. Palallo:

1. Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Periode 2004 – 2008 

2. Kepala Dinas Kominfo, Budaya dan Pariwisata Periode 2008 – 2012 

3. Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Periode 2013 – 2016

4. Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo 2016 

5. Kepala Dinas Kominfo-SP Periode 2016 – 2023

Previous Post Next Post