Pencarian Babinsa Serda Amiruddin Belum Ditemukan, Dandim: Kami Kehilangan Sosok yang Baik Dekat dengan Masyarakat

Pencarian Babinsa Serda Amiruddin Belum Ditemukan, Dandim: Kami Kehilangan Sosok yang Baik Dekat dengan Masyarakat


TORAJA UTARA – Pencarian Serda Amiruddin, anggota TNI Kodim 1414 Tana Toraja yang bertugas di Koramil 03 Rinding Allo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang diduga terseret arus saat melakukan pencarian seorang warga bernama Palungan asal Lembang Lempo Poton yang sehari sebelumnya dinyatakan tenggelam hingga hari ke-14 hari ini masih terus dilakukan pencarian.


Komandan Kodim (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra  mengatakan pihaknya masih tetap melakukan pencarian terhadap Serda Amiruddin hanya saja pencarian terkendala dengan kondisi medan dan arus yang cukup menantang.

“Pencarian saat ini belum membuahkan hasil, sampai sekarang kami masih lakukan pencarian, masih tahap dua, karena SOP Basarnas sudah selesai. Pencarian dilakukan oleh anggota Kodim 1414 Tana Toraja dan masyarakat, pencarian kami lakukan sampai hari Rabu (23/11/2022), mohon doanya agar segera ditemukan,” kata  Monfi Ade Chandra  saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (22/11/2022).

Menurut  Monfi, kondisi medan saat ini luar biasa dan membahayakan bagi tim yang melakukan pencarian.

“Saya menyusuri  sungai Maiting wahh sangat sulit dan cukup membahayakan bagi tim yang tidak memiliki kemampuan SAR dan perlengkapan memadai, arusnya deras dan berbatu,” ucap Monfi.

Lanjut Monfi, Serda Amiruddin selama ini kepribadiannya sangat baik, sangat dekat dengan masyarakat, ia selalu hadir di tengah masyarakat jika ada kegiatan sosial kemasyarakatan dan bencana.

“Makanya antusias masyarakat sangat tinggi untuk membantu melakukan pencarian karena memang beliau orangnya ramah, kalaua da kegiatan masyarakat hampir selalu hadir, makanya masyarakat itu senang dengan dia,” ujar Monfie.

“Kami dan masyarakat merasa sangat kehilangan dengan sosok Serda Amiruddin,  makanya dalam pencarian, warga antusias membantu kami bukan hanya terjun mencari tapi menyiapkan logistik atau makanan bagi tim pencari demi menemukan Serda Amiruddin,” sambung Monfi.

Sebelumnya diberitakan Proses pencarian Serda Amiruddin, anggota TNI Kodim 1414 Tana Toraja yang bertugas di Koramil 03 Rinding Allo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, resmi dihentikan, Selasa (15/11/2022).


Serda Amiruddin diduga terseret arus saat melakukan pencarian seorang warga bernama Palungan asal Lembang Lempo Poton yang sehari sebelumnya dinyatakan tenggelam.


Komandan Pos Basarnas Palopo Maickel Mart Femy mengatakan, hingga Selasa siang pencarian terus dilakukan, namun hasilnya nihil. Sesuai standar operasional, prosedur pencarian dihentikan setelah memasuki hari ketujuh. 

"Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan hari ini kami hentikan, sebelumnya kami lakukan pencarian hingga 25 kilometer dari titik awal,” kata Maickel, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/11/2022) sore. 

Menurut Maickel, meski waktu pencarian berakhir, proses pencarian secara mandiri masih akan dilakukan. “Satu regu diarahkan ke turbin untuk melakukan koordinasi ke penjaga turbin, bilamana ada temuan bisa disampaikan ke Posko,” ucap Maickel.

Untuk operasi SAR ini, pihak Basarnas menyerahkan ke satuan atau TNI Kodim 1414 Tana Toraja untuk melakukan pencarian bersama warga setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara.  

“Tadi kami sudah pamitan dengan pejabat dari Kodim yang diwakili Kasdim dengan pihak keluarga korban,” ujar MaickeL. Komandan Kodim (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra  mengatakan pihaknya tetap melakukan pencarian terhadap Serda Amiruddin. 

“Pencarian akan kami lanjutkan dengan masyarakat dengan mengikuti petunjuk warga, untuk satu atau dua hari ini kami istirahat dulu kemudian dilanjutkan pencarian, Basarnas sendiri akan membantu kami jika ada petunjuk atau dibutuhkan,” tutur Maickel.

Serda Amiruddin  diduga hanyut  terbawa arus Sungai Maiting 3 saat melakukan pencarian terhadap seorang warga bernama Palungan asal Lembang Lempo Poton yang sehari sebelumnya dinyatakan tenggelam. 

Pada Rabu (9/11/2022) pagi bersama dengan sejumlah warga, ia berusaha melakukan pencarian terhadap Palungan, namun, saat berada di sungai, Serda Amiruddin terbawa derasnya air Sungai Maiting di Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara.    


Post a Comment

Previous Post Next Post