Doa dan Tabur Bunga di Sungai Maiting Mengakhiri Pencarian Serda Amiruddin Babinsa yang Hilang Terseret Arus

TORAJA UTARA  – Sedih bercampur haru mewarnai keluarga Serda Amiruddin dan TNI Kodim 1414 Tana Toraja saat doa dan tabur bunga dilakukan di bawah Jembatan Sungai Maiting, Dusun Soko, Lembang Maiting, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, Kamis (24/11/2022).


Lokasi dilaksanakan doa  dan tabur bunga tersebut merupakan lokasi terakhir Serda Amiruddin terlihat sebelum hilang terseret arus saat menolong warga bernama Palungan yang terseret arus.


Pelaksanaan doa dan tabur bunga digelar bertepatan dengan berakhirnya pencarian lanjutan oleh TNI Kodim 1414 Tana Toraja.


Komandan Distrik Militer (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf  Monfi Ade Chandra mengatakan tabur bunga dilakukan sebagai bentuk keihklasan melepas kepergian Serda TNI Amiruddin untuk selama-lamanya.


“Tabur bunga ini juga sekaligus tanda pencarian oleh tim SAR gabungan dihentikan. Meski demikian saya tetap meminta seluruh anggota agar tetap memantau apabila mendapat informasi sekecil apapun tentang keberadaan korban,” kata Monfi Ade Chandra.


Pencarian dihentikan karena sudah seminggu pencarian oleh Tim SAR Gabungan Basarnas kemudian dilanjutkan dengan seminggu pencarian mandiri oleh TNI dibantu warga, namun tidak ditemukan.


“Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pencarian Serda Amiruddin yang tidak mengenal lelah sampai pada pencarian hari ini, baik itu personel Kodim 1414 Tana Toraja, tim SAR gabungan dan masyarakat,” ucap Monfi.


Doa dan tabur bunga dipimpin langsung oleh Dandim 1414 Tana Toraja, dan dihadiri pemerintah setempat bersama masyarakat. Doa dipimpin oleh Pdt. Simon Patanduk.


Sebelumnya diberitakan Pencarian Serda Amiruddin, anggota TNI Kodim 1414 Tana Toraja yang bertugas di Koramil 03 Rinding Allo, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, yang terseret arus saat mencari warga bernama Palungan terus digelar, meski sudah memasuki hari ke-14. 


Komandan Kodim (Dandim) 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Chandra mengatakan pihaknya masih tetap melakukan pencarian terhadap Serda Amiruddin. Hanya saja pencarian terkendala dengan kondisi medan dan arus yang cukup menantang. 


“Pencarian saat ini belum membuahkan hasil, sampai sekarang kami masih lakukan pencarian, masih tahap dua, karena SOP Basarnas sudah selesai. Pencarian dilakukan oleh anggota Kodim 1414 Tana Toraja dan masyarakat, pencarian kami lakukan sampai hari Rabu (23/11/2022), mohon doanya agar segera ditemukan,” kata Monfi Ade Chandra saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (22/11/2022).


Menurut Monfi, kondisi medan saat ini luar biasa dan membahayakan bagi tim yang melakukan pencarian.


“Saya menyusuri sungai Maiting wahh sangat sulit dan cukup membahayakan bagi tim yang tidak memiliki kemampuan SAR dan perlengkapan memadai, arusnya deras dan berbatu,” ucap Monfi. 


Lanjut Monfi, Serda Amiruddin selama ini kepribadiannya sangat baik, sangat dekat dengan masyarakat, ia selalu hadir di tengah masyarakat jika ada kegiatan sosial kemasyarakatan dan bencana. 


“Makanya antusias masyarakat sangat tinggi untuk membantu melakukan pencarian karena memang beliau orangnya ramah. Kalau ada kegiatan masyarakat hampir selalu hadir, makanya masyarakat itu senang dengan dia,” ujar Monfi. 


“Kami dan masyarakat merasa sangat kehilangan dengan sosok Serda Amiruddin, makanya dalam pencarian, warga antusias membantu kami bukan hanya terjun mencari tapi menyiapkan logistik atau makanan bagi tim pencari demi menemukan Serda Amiruddin,” sambung Monfi.

Previous Post Next Post