5 Kelompok Perempuan Kepala Keluarga di Luwu Utara Terima Bantuan

5 Kelompok Perempuan Kepala Keluarga di Luwu Utara Terima Bantuan

LUWU UTARA - Sebanyak lima kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Kabupaten Luwu Utara menerima bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, Jumat (30/9/2022). Bantuan ini juga berkat kerjasama dengan RS Hikmah Sukamaju.

5 kelompok ini adalah Penjahit Wanita Hindu Dharma Indonesia (Kecamatan Sukamaju), Ririn Rajut (Kecamatan Masamba), Tata Boga Bantimurung Indah (Kecamatan Bonebone), Tata Boga Nanna Indah (Mappedeceng), dan Tata Boga Bunga Masamba (Masamba).  

Bantuan diserahkan Kepala DP3AP2KB, Kadis Kesehatan dan Direktur RS Hikmah Sukamaju di Lapangan Upacara Kantor Bupati. Kepala DP3AP2KB, Andi Zulkarnaen, mengatakan bantuan ini untuk optimalisasi pemberdayaan perempuan kewirausahaan berspektif gender.

“Perempuan adalah bagian integral dari masyarakat serta memiliki peran yang signifikan untuk desa, sehingga para kelompok PEKKA harus kita berdayakan melalui bantuan peralatan agar mereka juga  bisa mandiri dalam menghadapi kehidupannya,” kata Zulkarnaen.

Sementara Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender (PUG) DP3AP2KB, Fatmah Sayang, yang juga Pendamping PEKKA mengatakan bahwa kaum perempuan saat ini bisa juga menjadi penopang ekonomi keluarga, di samping sebagai ibu rumah tangga juga.

“Tujuannya kenapa dikasi bantuan adalah agar kelompok PEKKA ini dapat lebih mandiri karena tujuan umata dibentiknya PEKKA adalah untuk meningkatkan kemandirian perempuan kepala keluarga, terutama yang single parent yang dikoordinir DP3AP2KB,” ucapnya.

Ada pun bantuan yang diterima lima kelompok PEKKA ini di antaranya adalah mesin jahit obras, peralatan dapur atau peralatan masa-memasak, serta bahan rajutan lainnya, yang diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga masing-masing. (LH)

Previous Post Next Post